banner 970x250

KAI Commuter Wilayah 2 Bandung Layani 1,17 Juta Pengguna pada Masa Angkutan Lebaran 2024

Kota Bandung, BriliaNews.com
Selama 22 hari masa angkutan Lebaran 2024 dari H-10 (31 Maret) sampai H+10 (21 April), KAI Commuter Wilayah 2 Bandung melayani 1,17 juta orang.

Angka tersebut meningkat 7% dibandingkan periode yang sama lebaran tahun lalu, dengan total volume 1 juta orang lebih.

“Naik 7 persen dibanding periode yang sama lebaran tahun 2023,”
kata Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Rabu (24/4/2024)

Anne memaparkan,
puncak arus mudik pengguna Commuter Line di wilayah 2 Bandung tertinggi pada 13 April, dengan total volume pengguna 75.070 orang.

Stasiun Bandung tercatat sebagai stasiun tujuan dan stasiun keberangkatan Commuter Line, dengan volume terbanyak 182.902 orang yang naik dan 166.001 orang yang turun di stasiun tersebut.

Sementara di Stasiun Cicalengka tercatat 122.293 pengguna yang naik dan 130.918 pengguna yang turun.

Sedangkan Stasiun Cikarang sebagai stasiun integrasi antara pengguna Commuter Line Walahar atau Jatiluhur tujuan Stasiun Purwakarta atau Stasiun Cikampek dengan Commuter Line Jabodetabek, tercatat pada periode angkutan lebaran volume penumpang yang naik di stasiun tersebut 114.183 orang dan yang turun untuk melanjutkan menggunakan Commuter Line Jabodetabek 119.088 orang.

Baca Juga  KAI Wisata Boyong 2 Penghargaan di Ajang Anugerah BUMN 2024

Menurut Anne Purba, pada masa angkutan lebaran 2024 ini, KAI Commuter Wilayah 2 Bandung mengoperasikan 1.276 layanan perjalanan Commuter Line dengan 58 perjalanan setiap hari.

Layanan perjalanan tersebut terdiri dari 40 perjalanan Commuter Line Bandung Raya relasi Padalarang-Cicalengka, 6 perjalanan Commuter Line Garut relasi Purwakarta – Garut, 10 perjalanan Commuter Line Walahar relasi Purwakarta-Cikarang dan 2 perjalanan Commuter Line Jatiluhur relasi Cikampek-Cikarang.

Menyinggung ketepatan waktu ia mengungkapkan, baik keberangkatan maupun kedatangan seluruh perjalanan Commuter Line di Wilayah 2 Bandung,
relatif tepat waktu.

“KAI Commuter Wilayah 2 Bandung mencatat pada angkutan lebaran rata-rata ketepatan jadwal keberangkatan Commuter Line 98% dan rata-rata ketepatan kedatangan 97%, ” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Anne, pada masa angkutan Lebaran KAI Commuter Wilayah 2 Bandung juga melakukan peningkatan fasilitas dan kenyamanan di mushala Stasiun Bandung dan Kiaracondong, serta menambah layanan petugas kesehatan di Stasiun Cicalengka.

Selain itu, menambah dua petugas Passanger Service di Stasiun Cimekar dan tujuh petugas Annoucer di Stasiun Padalarang, Rancaekek, dan Kiaracondong.

Baca Juga  Vaksinasi Covid-19 Dosis 3, Hanya Untuk Sasaran Terbatas

Sebanyak 220 petugas pengamanan stasiun dan 64 petugas pengawalan kereta, juga diterjunkan untuk menjamin keamanan pengguna baik di stasiun maupun dalam perjalanan.

Fasilitas-fasilitas layanan lain di stasiun juga mewarnai Idul Fitri tahun ini, diantaranya tematik Idul Fitri 1445 H di enam stasiun, antaralain Cikampek, Purwakarta, Padalarang, Cimahi, Bandung, dan Kiaracondong.

“KAI Commuter menyampaikan terima kasih kepada seluruh pengguna Commuter Line dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, TNI, POLRI, Komunitas Pencinta kereta serta semua pihak yang membantu menyukseskan Angkutan Lebaran 2024, sehingga dapat terlaksana dengan baik,” pungkasnya.

(Ida)