banner 970x250

Wagub Jabar Ajak Masyarakat Kelola Sampah Rumah Tangga

Wagub Jabar Ajak Masyarakat Kelola Sampah Rumah Tangga
Wagub Jabar Ajak Masyarakat Kelola Sampah Rumah Tangga

Kab. Tasikmalaya, Brilianews.com – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, peringatan World Cleanup Day (WCD) atau Hari Bersih-bersih Sedunia pada 19 September, merupakan momentum untuk memicu kepedulian masyarakat terhadap persoalan sampah.

Uu mengajak masyarakat untuk memilah dan mengelola sampah dari lingkungan terkecil, yakni rumah tangga. Selain itu, Uu menambahkan, pemerintah bersama berbagai pihak akan terus menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat mengenai pengelolaan sampah di rumah tangga.

“Sekarang bahasa ‘Buanglah Sampah pada Tempatnya’ sudah kurang pas. Tetapi, sekarang bahasanya ‘Proses Sampah, Dimanfaatkan’. Makanya rumah tangga dianjurkan bisa memanfaatkan sampah semaksimal mungkin,” ucap Uu saat menghadiri puncak acara WCD bertema “Bersatu untuk Indonesia Bersih” via konferensi video dari Rumah Singgah Wagub Jabar, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (18/9/2021).

Baca Juga  Program JKN, Jabar Targetkan UHC 98 Persen

Menurut Uu, Pemda Provinsi Jabar memiliki sejumlah program pengolahan sampah, mulai dari revitalisasi sungai, ecovillage atau masyarakat berbudaya lingkungan, sampai mengoptimalkan bank-bank sampah.

Selain itu, kata Uu, Pemda Provinsi Jabar bersama PT Pegadaian menggagas Waste to Gold yang memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menukar sampah, terutama sampah plastik, dengan emas.

“Program-program tersebut adalah komitmen kami dalam menerapkan Waste to Energy, tentunya perlu gayung bersambut dari masyarakat untuk membantu pemerintah mewujudkan lingkungan yang bersih,” katanya.

Baca Juga  Game Gratis Epic Games Minggu Ini : The Escapists

Uu juga menegaskan, pada kegiatan ke depan pihak-pihak terkait juga sudah memiliki ilmu untuk menciptakan lingkungan bersih dari sampah.

“Kalau untuk kegiatan ke depan, kami yakin para pihak sudah punya hal apa yang intinya bagaimana lingkungan bersih dari sampah. Pemerintah pun akan ikut mendorong dan memberi dukungan,” tutupnya. (Adi)