banner 970x250

Inklusi Keuangan, OJK Jabar Targetkan 4 Ribu Pelajar Buka Rekening Simpel

Inklusi Keuangan, OJK Jabar Targetkan 4 Ribu Pelajar Buka Rekening Simpel
Inklusi Keuangan, OJK Jabar Targetkan 4 Ribu Pelajar Buka Rekening Simpel

Bandung, Brilianews.com – Dalam upaya meningkatkan target inklusi keuangan sebesar 90% pada tahun 2024, Kantor Regional 2 Jawa Barat Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kantor OJK Tasikmalaya dan Kantor OJK Cirebon, bersama PT BPD Jawa Barat dan Banten, Tbk. menyelenggarakan Pekan Vaksinasi disertai Pembukaan Rekening Simpanan Pelajar (Simpel) secara serentak di 4 Kota/Kabupaten di Jawa Barat dengan sasaran lebih dari 4.000 pelajar.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) yang ditetapkan di bulan Oktober 2021.

Pelaksanaan Pekan Vaksinasi dan Simpel ini digelar secara daring dan luring selama dua hari pada 25 – 26 Oktober 2021 di Kota Bandung, Kabupaten Karawang, Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Cirebon.

Hadir terbatas di SMPN 41 Kota Bandung, Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat Indarto Budiwitono mengatakan, pihaknya diberikan amanah oleh pemerintah pusat untuk memvaksin 468 ribu masyarakat Jabar.

“468 ribu dosis vaksin telah disuntikkan kepada pegawai dan keluarga pegawai lembaga jasa keuangan, pelaku usaha dan masyarakat umum termasuk pelajar melalui sentra-sentra vaksinasi yang diselenggarakan baik oleh OJK, LJK dan mitra lainnya di sepanjang bulan Juli 2021 hingga saat ini”. katanya.

Baca Juga  UPI Gelar Lomba Simulasi Mengajar tingkat Nasional Bagi Mahasiswa PTN/PTS
Inklusi Keuangan, OJK Jabar Targetkan 4 Ribu Pelajar Buka Rekening Simpel
Inklusi Keuangan, OJK Jabar Targetkan 4 Ribu Pelajar Buka Rekening Simpel

Pada kesempatan yang sama Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sarjito menuturkan, salah satu yang harus diperangi selain pandemi adalah informasi hoax.

Hal itu dilakukan dengan meningkatkan literasi dan wawasan khususnya di sektor jasa keuangan yang saat ini masih rendah.

Saat ini OJK bersama Pemerintah dan lembaga terkait sedang merancang agar buku panduan terkait literasi sektor jasa keuangan kepada pelajar, dapat digunakan sebagai bahan ajar mandatory di tingkat sekolah maupun Universitas”.

Sinergi OJK dengan stakeholder terkait, mendapat apresiasi dari anggota Komisi XI DPR RI Satori.

Satori menilai sinergi tersebut telah memberikan kontribusi dalam berbagai aksi nyata, untuk pemulihan ekonomi dan perluasan akses keuangan masyarakat di Jawa Barat.

Baca Juga  PTDI Kirim Pesawat NC212i untuk TNI AU

“Kami apresiasi sinergi OJK dan stakeholder terkait, untuk mencapai Indonesia Sehat, Indonesia Hebat & Indonesia Kuat, ” pungkasnya.

Direktur Konsumer dan Ritel PT BPD Jawa Barat dan Banten, Tbk. Suartini mengatakan, BJB berkomitmen untuk berkontribusi dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Jawa Barat. Salah satunya dalam mendukung program pembukaan rekening Simpel di Bulan Inklusi Keuangan tahun 2021.

“Upaya mengejar tingkat literasi dan inklusi keuangan dengan semangat peningkatan literasi ini akan tetap kami jaga, dimulai dari pelajar agar slogan Jawa Barat Juara Lahir dan Batin dapat terwujud” lanjutnya. (Adi)