banner 970x250

Jabar Anugerahkan Lifetime Achievement Award kepada Penggiat Antikorupsi

Kota Bandung, Brilianews.com – Pemda Provinsi Jawa Barat (Jabar) menganugerahkan penghargaan Lifetime Achievement Award, kepada tokoh-tokoh asal Jabar yang menjadi penggiat antikorupsi.

Penghargaan diberikan pada peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2021 Tingkat Provinsi Jabar, di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Selasa (14/12/2021).

Adapun tokoh asal Jabar penerima penghargaan Lifetime Achievement Award, adalah Erry Riyana Hardjapamekas, Popong Otje Djundjunan atau Ceu Popong, Solihin Gautama Purwanegara, dan Sarwono Kusumaatmadja.

Wakil Gubernur (Wagub) Jabar Uu Ruzhanul Ulum menyatakan, sosok-sosok penggiat antikorupsi adalah suri tauladan bagi masyarakat dalam memberantas korupsi.

Ia menilai, para penggiat antikorupsi tersebut sangat layak mendapatkan penghargaan, atas kemampuannya menjaga integritas selama menjalankan tugas.

Baca Juga  Mendagri Perpanjang Jabatan Bey Machmudin Sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat

“Selamat kepada yang mendapatkan penghargaan hari ini. Mereka adalah para pejabat yang pernah memegang kekuasaan, pernah memiliki kewenangan, dan mereka mampu menjaga integritas,” kata Pak Uu –sapaan Wagub Jabar.

“Mudah-mudahan kita semua bisa menjadikan suri tauladan kepada mereka, khususnya dalam momentum Hari Antikorupsi Dunia, sehingga Jawa Barat bisa semakin hebat lagi,” imbuhnya.

Pak Uu mengatakan, Hari Antikorupsi Sedunia merupakan momentum bagi masyarakat untuk turut berkontribusi dalam upaya pencegahan korupsi di Jabar.

Menurut Pak Uu, peran serta masyarakat dalam pencegahan korupsi, sangat penting. Sebab, pencegahan korupsi tidak cukup hanya melibatkan pihak pemerintah, aparat penegak hukum (APH), dan lembaga-lembaga antikorupsi, tetapi juga harus melibatkan masyarakat.

Baca Juga  Enjang Tedi Diambil Sumpah Sebagai Anggota DPRD Jabar PAW Sisa Masa Jabatan 2019-2024

“Masyarakat penting untuk ikut mencegah, karena terkadang masyarakat lebih tahu kejadian korupsi yang ada di daerah pemerintahan ataupun di lembaga-lembaga yang lain,” tuturnya. (Afr)