banner 970x250

Sosialisasikan VCDLN-TVUPI, UPI Kunjungi Madrasah Aliyah Al-Manaar dan SMAN 5 Garut

Sosialisasikan VCDLN-TVUPI, UPI Kunjungi MTs Al-Manaar dan SMAN 5 Garut
Kepala Humas UPI, Prof. Dr. Deni Darmawan bersama Kepala Madrasah Aliyah Al-Manaar Jajang Nurjaman

Kab. Garut, Brilianews.com – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) diwakili oleh Kepala Humas UPI, Prof. Dr. Deni Darmawan mengunjungi Madrasah Aliyah Al-Manaar Muhammadiyah dan SMA Negeri 5 Garut, dalam rangka menyosialisasikan program-program digital UPI.

“UPI ini di era pandemi, membangun sistem pembelajaran online,” tutur Deni di Madrasah Aliyah Al-Manaar Muhammadiyah, Kab. Garut, Sabtu (1/1/2021).

Sistem pembelajaran online tersebut berupa program VCDLN-TVUPI (Virtual Community Digital Learning Nusantara TVUPI) yang berbasis internet, mobile (android dan ios), maupun satelit melalui tv parabola.

“Frequensinya 432 UHF, yang sudah kita kerjasamakan dengan Telkomsat. Jadi di sepanjang Garut Selatan, hingga Papua, Jambi, dan Sumatera, bisa mengakses TVUPI Satelit,” ujarnya.

Sosialisasikan VCDLN-TVUPI, UPI Kunjungi MTs Al-Manaar dan SMAN 5 Garut
Mudir Pondok Pesantren Al-Manaar Muhammadiyah Ust. Iin Gunawan

Deni juga menjelaskan, penggunaan satelit ini bisa sebagai solusi saat habisnya kuota internet.

Baca Juga  Pemda Provinsi Jawa Barat Kembali Gelar Seleksi PNS Berprestasi

“Jadi bapak ibu guru bisa tetap mengajar dengan menggunakan televisi yang ada di rumah. Dari sini, dari ruang kelas atau di studio, kita shoot langsung ke TVUPI Bandung, kemudian dipancarkan ke Bogor, lalu ke Satelit Merah Putih dan di pancarkan ke seluruh pelosok nusantara,” tandasnya.

Sosialisasikan VCDLN-TVUPI, UPI Kunjungi Madrasah Aliyah Al-Manaar dan SMAN 5 Garut

“Jadi online tidak hanya menggunakan kuota, bisa juga menggunakan satelit,” tambah Deni.

Deni berharap program ini bisa memberikan manfaat untuk pembangunan pendidikan sampai ke pelosok.

Kepala sekolah SMAN 5 Garut, Efen M.Pd.

Kepala Madrasah Aliyah Al-Manaar Jajang Nurjaman, menyambut baik adanya program tersebut.

“Kami sangat menyambut baik, karena itu merupakan salah satu bekal kami juga untuk penyegaran dalam menyiapkan pembelajaran yang lebih baik supaya bisa efektif dan efisien di masa mendatang,” ucapnya.

Baca Juga  Masa Pancaroba, Dinas Kebakaran Kota Bandung Siaga 24 jam

Kedepannya, Jajang berharap MTs Al-Manaar bisa bekerja sama dengan UPI, baik dalam hal penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Tahfidz Al Quran, maupun untuk mempersiapkan guru-guru dalam menyiapkan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

“Kedepannya, kami juga ingin mengundang dari pihak UPI memberikan workshop persiapan pembelajaran berbasis TIK untuk para guru,” pungkasnya. (Adi)