banner 970x250

Presiden Joko Widodo : Kepala Otorita IKN dari Kalangan Non-Partai

Jakarta, Brilianews.com – Presiden R.I Joko Widodo segera mengumumkan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kepala Otorita IKN akan dijabat oleh seseorang dari kalangan non-partai politik.

“Non-partai,” ucap Presiden Jokowi saat menjawab pertanyaan wartawan di Jakarta, Selasa (22/2/2022).

Sebelumnya saat memberikan sambutan pada peresmian NasDem Tower, Presiden mengungkapkan sejumlah alasan pemerintah terkait pemindahan ibu kota negara ke Provinsi Kalimantan Timur.

Menurut Presiden ketimpangan di sejumlah bidang kehidupan yang terjadi di Pulau Jawa dan luar Jawa, menjadikan pemerintah mengambil langkah tersebut.

Baca Juga  Hadir Kembali, Pocari Sweat Gelar Lomba Lari Marathon Secara Hybrid

“Sekali lagi perpindahan ini adalah untuk pemerataan, baik pemerataan infrastruktur, pemerataan ekonomi dan juga keadilan sosial,” ungkapnya.

Presiden menjelaskan Ibu Kota Nusantara akan menggagas konsep Smart Forest City dimana 70 persen dari area IKN akan menjadi area hijau. Selain itu, pengelolaan transportasi, sistem pengairan, sistem kelistrikan, infrastruktur komunikasi, hingga pelayanan publik juga akan menggunakan teknologi modern.

“Konsep besarnya adalah Smart Forest City, banyak hijaunya dan banyak hutannya. Semuanya dikelola dengan teknologi modern baik transportasi, sistem pengairan, sistem kelistrikan, infrastruktur komunikasi, maupun pelayanan publik,” ujar Presiden. (*)