banner 970x250

Uji coba Jalur KA di Lintas Cibatu-Garut, Masyarakat Dapat Naik Secara Gratis tapi Terbatas

Kota Bandung, Brilianews.com – Antusiasme masyarakat di sekitar Kabupaten Garut terhadap rencana dioperasikannya kembali perjalanan KA di lintas Cibatu – Garut, sangat besar.

Melihat hal tersebut maka pada hari Kamis (24/2) warga Garut dan sekitarnya bisa ikut merasakan perjalanan KA di lintas Cibatu-Garut, yang dapat digunakan secara gratis bagi warga Garut melalui sistem undangan terbatas.

Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung Kuswardoyo mengatakan, perjalanan uji coba gratis ini merupakan inisiasi dan permintaan dari Pemkab Garut, yang diakomodir setelah dilakukan perhitungan atas beberapa hal teknis yang ada.

“Kebijakan uji coba bagi masyarakat melalui undangan terbatas ini, kami ambil terkait dengan adanya pembatasan penumpang pada masa pandemi dan menghindari terjadinya penyebaran covid 19,” kata Kuswardoyo, Rabu (23/2/2022)

Menurut Kuswardoyo diaktifkannya kembali KA lintas Cibatu -Garut yang pernah beroperasi dari tahun 1889-1983, menjadi moment yang sangat dinanti oleh warga Garut khususnya.

Perjalanan uji coba gratis ini menggunakan rangkaian yang terdiri dari 7 K3 dan 1KMP3. Nantinya KA tersebut digunakan untuk melayani perjalanan dari Garut ke PasarSenen PP.

Baca Juga  Gubernur Jabar Ridwan Kamil Salat Id di  Masjid Raya Al Jabbar

“Perjalanan KA dari Garut-Cibatu (pp) ini adalah perjalanan uji coba bukan launching pengoperasian KA, yang akan dilaksanakan pada hari Kamis (24/2). Perjalanan uji coba selanjutnya akan kami informasikan setelah ada evaluasi terkait perjalanan uji coba esok hari.” ujarnya.

Adapun jadwal perjalanan uji coba pada hari kamis, 24 Februari 2022 sebagai berikut :

  • No Klb D2/ 11105
    Berangkat dari stasiun Garut pukul
    09.00 sampai stasiun Cibatu pukul 09.47
  • No. Klb D2/11152
    Berangkat dari stasiun Cibatu10.15 sampai stasiun Garut pukul
    11.02
  • No Klb D2/11107
    Berangkat dari stasiun Garut 11.30 sampai stasiun Cibatu pukul
    12.17
  • No Klb D2//11154
    Berangkat dari stasiun Cibatu pukul 12.45
    Sampai stasiun Garut
    pukul 13.32

Para pengguna KA pada masa uji coba, tetap diharuskan menyertakan bukti Vaksin minimal tahap pertama bagi yang berusia di atas 12 tahun. Namun, syarat vaksin tersebut tidak berlaku bagi anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun.

Sementara itu terkait rencana pengoperasian lintas Cibatu – Garut secara resmi, sampai saat ini masih menunggu izin operasi yang masih terus berproses.

Baca Juga  Pangdam III/Slw : Silaturahmi Perkuat Persatuan

Masyarakat juga dihimbau untuk tidak tergiur oleh oknum yang menawarkan pekerjaan di stasiun Garut dan sekitarnya, karena hingga saat ini KAI tidak melakukan rekrutmen pegawai untuk penempatan di wilayah Garut.

“Kami tidak pernah menugaskan pegawai kami untuk melakukan rekrutmen secara door to door, atau melalui program perekrutan lainnya. Semua rekrutmen hanya melalui website kai: recruitment.kai.id”, ” tegas Kuswardoyo.

Sedangkan untuk Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121. (Ida)