banner 970x250

MTQ ke 37 Tingkat Provinsi Jabar, Uu Ruzhanul : Kampus MTQ Tempat Belajar Para Santri

Kota Bandung, Brilianews.com – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Jawa Barat ke 37 tahun 2022, akan berlangsung di Kabupaten Sumedang, mulai tanggal 18 sampai 25 Juni 2022.

Kegiatan dengan tema MTQ Melesatkan Jabar Sebagai Provinsi Terdepan dalam Inovasi dan Kolaborasi, diikuti 1.123 peserta perwakilan dari 27 kabupaten/ kota se Jawa Barat.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, kegiatan 2 tahunan ini bertujuan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta mengimplementasikan nilai-nilai yang ada dalam Al Qur’an pada kehidupan sehari-hari.

“Karena itu, kami akan manfaatkan MTQ menjadi kampus tempat belajar para santri, ” ujar Wagub Uu pada acara Jabar Punya Informasi (Japri) di gedung Sate kota Bandung, Jum’at
(17/6/2022).

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Prov Jabar Dr. Ir. Hj. Rd Dewi Sartika yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Jabar menyatakan, MTQ bukan hanya sebagai kegiatan ceremonial saja, tapi sebuah momen besar dan penting dalam rangka melaksanakan syiar Agama Islam di Jawa Barat.

MTQ ini juga sebuah budaya, karena masyarakat Jabar adalah masyarakat religius.

Baca Juga  Pendataan Petani Calon Penerima Pompanisasi Rampung Minggu Depan

“Dalam MTQ ada semangat berlomba. Berlomba ini tentu harus pakai ilmu. Jadi bagaimana ilmu itu betul-betul dilombakan, dalam hal ini baik itu dari tajwid, dari suara, dari membaca, seni membaca Al’Quran, kemudian bahkan ada menulis kaligrafi, termasuk juga cerdas cermat, ” ujarnya.

Dewi Sartika menandaskan MTQ tahun ini berbeda dari MTQ sebelumnya, karena pada tahun 2020 masih dalam pandemi sehingga masih sangat dibatasi. Hari ini kasus Covid-19 sudah melandai walaupun memang kasus meningkat, karena ada varian baru BA 4 dan BA 5.

“Memang diluar ruangan sudah boleh membuka masker, namun protokol kesehatan tetap harus diterapkan. Seluruh peserta harus sudah vaksinasi lengkap, agar tidak terjadi cluster baru di kegiatan MTQ,” imbuhnya.

Pada MTQ tahun 2022 lanjut Dewi, seluruh kegiatan menerapkan digitalisasi mulai dari pendaftaran sampai kepada hasil.

“Mudah-mudahan bisa dilakukan secara real time, sehingga lebih terbuka dan lebih transparan, ” ucapnya.

Kepala Biro Kesra Setda Prov Jabar Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Prov Jabar selaku Ketua Umum MTQ ke 37 tingkat Prov Jabar Drs. H. Barnas Adjidin menyatakan, peserta terbaik MTQ tingkat Jawa Barat akan mewakili Jawa Barat pada MTQ tingkat nasional yang akan digelar Oktober 2022 mendatang di Kalimantan Selatan.

Baca Juga  Akibat Sungai Ciberes Meluap, Desa Ciuyah Kabupaten Cirebon Kerap Dilanda Banjir

Ia mengatakan madih ada waktu tiga bulan lagi untuk mempersiapkan khafilah-khafilah yang nanti akan berlaga di tingkat nasional.

Oleh karena itu, Kami selaku ketua panitia, mempersiapkan sebaik-baiknya yang nanti akan tampil di sana, melalui seleksi yang sangat ketat.

“Kami sudah menyiapkan hadiah bagi para juara MTQ tingkat nasional.
Sudah ada yang akan memberikan rumah untuk juara 1 tingkat nasional di Kalimantan Selatan. Sedang untuk juara tingkat provinsi kita masih hitung, kan ini di anggaran perubahan, ” pungkasnya. (Afr/ Adi)