banner 970x250

Mengisi Ramadhan 1443 H, UPI Gelar Serangkaian Kegiatan Religi

Bandung, Brilianews.com – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengisi bulan Ramadhan 1443 H, dengan menyelenggarakan serangkaian kegiatan bertema “Spirit Ramadhan 1443 H untuk Etos Kerja lebih baik menuju UPI Pelopor dan Unggul”

Kegiatan tersebut diselenggarakan selama bulan April hingga Mei 2022 secara daring, luring maupun hybrid.

“Kegiatan Ramadhan 1443 H/2022 M ini diselenggarakan guna memakmurkan Masjid Al-Furqon UPI sebagai ibadah kepada Allah SWT dan menyemarakkan syiar Islam khususnya di lingkungan UPI,” kata Rektor UPI Prof. Dr. M. Solehuddin., M.Pd., MA., melalui siaran pers Sabtu (30/4/2022).

Solehuddin menambahkan, kegiatan ini juga untuk meningkatkan silaturrahim sesama umat Islam dalam rangka memperkokoh ukhuwah, menggali nilai-nilai ibadah shaum sebagai upaya meningkatkan kadar kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Selain itu menumbuh-suburkan nilai-nilai keagamaan di kalangan keluarga besar UPI, sebagai pengejawantahan dari motto kampus yang Ilmiah, Edukatif dan Religius.

Solehuddin menjelaskan, kegiatan yang digelar selama Ramadhan 1443 H yakni tarhib ramadhan, shalat/ceramah tarawih/ nuzulul qur’an, dengan memperhatikan protokol kesehatan dan perkembangan kondisi pandemi serta peringatan nuzulul qur’an.

“Kegiatan pesantren ramadhan bagi pelajar dan mahasiswa terdiri dari lomba MTQ (musabaqah tilawatil qur’an), musik islami, serta ceramah serta yang diikuti para siswa/siswi SMP – SMS lab school UPI dan mahasiswa asrama UPI,” tambah Solehuddin.

Baca Juga  Upah Minimum Kabupaten/Kota di Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2022

Selain itu digelar pula lomba tilawah, tahfizh, kaligrafi, kultum yang diikuti mahasiswa UPI serta lomba desain batik yang terbuka bagi seluruh mahasiswa di Indonesia.

Kegiatan pentas seni islami/budaya islam nasyid, shalawat, bazar, diikuti dosen/pegawai/mahasiswa UPI serta dilakukan seleksi dan penyisihan lomba secara daring, final di lakukan secara luring bersamaan dengan kegiatan Bazar.

“Kegiatan pengajian pegawai dan dosen secara rutin selama Ramadhan melalui platform zoom meeting (online), dengan narasumber KH. Wahfiudin Sakam, M.BA, Buya Dr. Arrazy Hasyim, MA, Habib Geys Abdurrahman, Lc serta Ustadz H. Fahmi Salim, Lc., MA. Serta Kegiatan Diskusi dan Seminar Keislaman tentang Jejak Islam di Rusia,” ujar Solehuddin.

Solehuddin mengatakan kegiatan pelatihan dakwah dengan rangkaian webinar dan pemilihan da’i yang diikuti peserta mahasiswa/siswa/umum dilakukan secara hybrid. Kajian wanita dalam bentuk webinar dan talkshow & kursus baca qur’an.

“Kegiatan webinar membahas tema memahami fiqih wanita untuk menjadi muslimah unggul yang disampaikan Ustadzah Hj. Ninih Muth’mainnah.

Sedangkan Talkshow membahas tema Memaknai Perempuan Berkarir dalam Perspektif Islam dengan pemateri: Prof. Ida Hamidah, M.Si dan influencer millennial Sheryl Annavita,” jelas Solehuddin.

Baca Juga  Kominfo Rilis Hasil Survei Indeks Literasi Digital Tahun 2022

Kegiatan lainnya berupa bakti sosial selama ramadhan, serta pendistribusian bantuan, kegiatan pengelolaan dan pendistribusian zakat, infaq, dan shodaqoh.

Kemudian kegiatan UPI mengaji, i’tikaf serta qiyamul lail /tahajud, muhasabah dan sahur berjamaah. kegiatan diakhiri dengan pelaksanaan takbir, shalat idul fitri dan silaturahim pelaksanaan shalat idul fitri dan Silaturahmi UPI).

Ketua Pelaksana kegiatan Ramadhan 1443 H Sekaligus Dekan Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK) Dr. Iwa Kuntadi, M.Pd, mengapresiasi berbagai kegiatan tersebut dan menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang mendukung kegiatan ini.

“Terima kasih atas dukungan berbagai pihak baik dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa serta semua stakeholders melalui bantuan material maupun moril spiritual untuk turut berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan Ramadhan 1443 H,” ujar Iwa. (Adi/ Afr)