banner 970x250

100 Dosen FPEB UPI Ikuti Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Tasikmalaya dan Pangandaran

Bandung, BriliaNews.com – Seratus dosen Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat di kota Tasikmalaya dan kabupaten Pengandaran secara daring dan luring selama dua hari (22-23/7/2022).

Dalam rilis humas UPI, Sabtu (30/7/2022) disebutkan, kegiatan hari pertama difokuskan di Kota Tasikmalaya, sedangkan hari kedua di Kabupaten Pangandaran.

Di kota Tasikmalaya, Tim pengabdian kepada masyarakat diterima secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) dan anggota DPRD Kota Tasikmalaya.

Sekda Kota Tasikmalaya Drs. H. Ivan Dicksan Hasanuddin memberikan apresiasi atas pemilihan Kota Tasikmalaya, sebagai lokasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat FPEB UPI.

Menurutnya, kota Tasikmalaya merupakan Kota industri kreatif yang sudah terkenal sejak lama. Sebagai target kota industri termaju di Tahun 2045, pemerintah kota fokus pada pembangunan peningkatan industri kreatif UMKM.

Potensi industri kreatif dan UMKM yang terkenal dari kota ini, adalah bordir, produk payung geulis dan kelom geulis.

“Kami berharap melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, bisa memberikan penguatan bagi pengembangan industri kreatif dan UMKM di Tasikmalaya,” ujarnya.

Sementara itu Dekan FPEB UPI Prof. Dr. H. Eeng Ahman MS mengatakan, pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan 2 kali dalam setahun oleh program studi dan Fakultas secara bersama-sama.

Kegiatan di kota Tasikmalaya dan Pengandaran ini merupakan yang ketiga, setela sebelumnya di Kabupaten Garut, Kota Cirebon dan Kabupaten Kuningan.

“Pengabdian kepada masyarakat ini sudah didesain di beberapa objek dan sasaran pengabdian, yaitu yang berkaitan dengan badan usaha milik desa (BUMDes) di Kota Tasikmalaya, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sajodo, para guru di Sekolah di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, para dosen di perguruan tinggi yang tersebar di UPI Kampus Tasikmalaya, Universitas Siliwangi dan Universitas Perjuangan serta Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Pangandaran,” ujar Prof. Dr. H. Eeng Ahman.

Baca Juga  Pemkot Bandung Tambah 4 Sekolah Lansia

Di kota Tasikmalaya, Program Studi Manajemen Jenjang Sarjana (S1) FPEB melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan topik Literasi Digital untuk UMKM naik Kelas dengan peserta UMKM di Kota Tasikmalaya.

Program Studi Manajemen Jenjang Magister (S2) dan Doktor (S3), tentang Penulisan Artikel Ilmiah pada Jurnal Internasional Bereputasi dengan peserta dosen dan mahasiswa S3 UPI Kampus Tasikmalaya dan Universitas Perjuangan Kelas Kerjasama.

Program Studi Pendidikan Ekonomi Jenjang Sarjana (S1), dengan topik Pendalaman Materi Esensial Ekonomi SMA diikuti Guru Ekonomi SMA/MA (MGMP Ekonomi).

Program Studi Pendidikan Manajemen Perkantoran, mengangkat topik Pelatihan pembuatan dokumen mutu sekolah berdasarkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 di SMK dengan Peserta Pengelola Sistem Manajemen Mutu/SMM sekolah.

Program Studi Pendidikan Bisnis dengan topik Pendampingan manajemen usaha sajodo snack dalam meningkatkan kinerja bisnis dengan peserta karyawan Sajodo.

Program Studi Pendidikan Akuntansi dengan topik Optimalisasi Teknologi dalam Pembelajaran dengan peserta guru-guru SMK bidang Akuntansi dan Perbankan.

Program Studi Akuntansi dengan topik Pendampingan Penatausahaan Pengelolaan Keuangan dan Tata Kelola BUMDES dengan peserta pengelola BUMDES.

Program Studi Akuntansi Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam (IEKI) dengan topik Perencanaan Keuangan Syariah bagi Masyarakat di Kabupaten/Kota Tasikmalaya dengan peserta Pelaku Usaha Mikro (mahasiswa/santri/masyarakat umum).

Program Studi Magister Ilmu Akuntansi (MIA), dengan topik pengembangan riset dengan mix methods.

Baca Juga  Rakernas 2024, APIK PTMA Terus Kembangkan Ilmu Komunikasi di Universitas Muhammadiyah

Program Studi Pendidikan Ekonomi Jenjang Magister (S2) dan Doktor (S3), dengan topik Optimalisasi Peningkatan Kompetensi Guru dan Dosen Melalui Case Method dan Team Based Project dengan peserta Dosen Universitas Siliwangi dan guru SMA/SMK di Tasikmalaya.

Sementara di Kabupaten Pangandaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis UPI, dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FPEB UPI, Prof. Dr. Vanessa Gaffar, SE.Ak. MBA

Sasarannya UMKM pengrajin hata mitra Saluyu Dusun Sukamanah RT 02 WR 06 Desa Bojong Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, membahas strategi dan praktik terbaik terkait digital marketing dengan narasumber Asep Ridwan Lubis, S.MAT., MBA, dosen Program Studi Pendidikan Bisnis FPEB UPI.

Kepala Desa Bojong Kecamatan Parigi kabupaten Pangandaran menyampaikan, Dusun Sukamanah memiliki potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia, akan tetapi terkendala dalam marketing dan kesulitan pada aspek branding.

Dia berharap kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari FPEB UPI ini bisa dilakukan secara berkelanjutan, dalam melakukan pendampingan dan pelatihan.

“Produk hata sudah lama menjadi pemikiran pemerintah desa, agar produk ini berkelanjutan dari sisi bahan baku dan lebih luas menjadi desa agrowisata,” ucapnya.

(Afr)