banner 970x250

Komisi V DPRD Jabar Pastikan Proses PPDB di Kab. Bogor Berjalan Dengan Benar

Kab. Bogor, BriliaNews.com – Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat memastikan, Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2023 di Wilayah Kabupaten Bogor berjalan dengan benar.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat Ir. H. Abdul Hadi Wijaya M.Sc, usai kunjungan kerja Komisi V ke Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I di Kab. Bogor, Selasa (11/7/23).

Kunjungan kerja Komisi V tersebut dalam rangka menindak lanjuti
pengaduan dari masyarakat Ciomas Kab. Bogor, terkait adanya nama-nama baru yang muncul setelah penutupan pendaftaran PPDB di SMA Negeri 1 Ciomas.

“Kami dapat pengaduan bahwa setelah proses penutupan PPDB, masuk nama-nama baru yang membuat nama yang sudah masuk jadi bergeser, jadi yang tergeser ini komplen mengeluhkan hal tersebut”, ujar politisi PKS yang akrab disapa Gus Ahad.

Menurut Gus Ahad Komisi V melakukan pengecekan ke Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Jawa Barat di Kab. Bogor dan mendapati puluhan calon siswa yang memang pilihan keduanya di SMA Negeri 1 Ciomas.

Baca Juga  Anggota Komisi A DPRD Kota Bandung Khairullah Meninggal Dunia, Pemkot Berduka

“Kami melakukan konfirmasi dan membuka datanya satu persatu. Kami saksikan dan betul bahwa ada puluhan orang yang pilihan keduanya memilih SMA 1 Ciomas dan memang prosesnya seperti itu. Mereka dimasukan ketika pilihan satunya tidak diterima”, ujarnya.

Dari hasil pengecekan, kata Gus Hadi pihaknya mendapat kepastian bahwa proses PPDB di Wilayah Kabupaten Bogor “On The Right Track” atau pada jalur yang benar.

“Hari ini langsung dengan help desknya, yang memiliki akses ke sistem di Jawa Barat dan kami dapat kepastian bahwa proses secara data itu “On The Right Track”, jelasnya.

Namun begitu, berbagai catatan tetap menjadi perhatian Komisi V, seperti halnya sekolah yang tidak bisa memenuhi 100 persen kuota rombongan belajarnya.

“Ini jadi catatan kami, permasalahan daerah perkotaan yang padat dengan daerah yang luas dan penduduknya jarang, itu berbeda. Harus ada formula yang membedakan untuk kondisi itu”, tegasnya.

Baca Juga  Kasus Kekerasan Anak di Garut, Legislator Enjang Tedi Usulkan Rehabilitasi Sosial

Sementara itu Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Provinsi Jawa Barat, Abur Mustikawanto menerangkan, ada 40 ribu pendaftar pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2023 di wilayah Kab. Bogor. Dari jumlah tersebut, yang bisa diterima sekitar 20 ribu siswa.

“Jadi hanya 20 ribu siswa atau 50 persen dari 40 ribu pendaftar yang diterima pada PPDB 2023,” ujar Abur Mustikawanto. (Adhikarya)

Pewarta : Ida
Editor      : Afrida