banner 970x250

Anwar Yasin Berharap Kerusakan Jalan Provinsi di Wilayah Pantura Jabar Segera Diperbaiki

Bandung, BriliaNews.com – Anggota DPRD provinsi Jawa Barat Dapil XII Kabupaten Indramayu dan Kota/ Kabupaten Cirebon, Drs.H. Anwar Yasin meminta Pemprov Jabar dalam hal ini Dinas Binamarga dan Penataan Ruang (BMPR) Provinsi Jawa Barat, segera memperbaiki jalan-jalan provinsi yang rusak termasuk pada ruas jalan di wilayah Pantai Utara (Pantura) Jawa Barat.

Menurut anggota DPRD Fraksi PKS tersebut, dari hasil peninjauan lapangan di daerah pemilihannya, masih ada jalan provinsi di wilayah Pantura dalam kondisi rusak.

“Dari hasil peninjauan ke lapangan, kerusakan jalan provinsi di wilayah Pantura terbanyak di Kabupaten Cirebon, ” ungkap Anwar Yasin belum lama ini.

Berdasarkan data dari DBMTR Jabar, sampai akhir tahun 2023 tingkat kemantapan jalan provinsi mencapai 83,90% .

Dengan mengacu pada data tersebut, tentunya masih ada jalan Provinsi yang dalam kondisi rusak, tersebar di kabupaten/ kota se Jawa Barat termasuk di wilayah Pantura.

Baca Juga  Menkes Tinjau Penanganan Stunting Berbasis Elektronik di Sumedang

Ia menandaskan, perbaikan infrastruktur jalan provinsi harus segera diselesaikan, untuk pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Jawa Barat.

Hal itu sejalan dengan Ranperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Jabar 2025-2045, yang salah satu isunya adalah pemerataan pembangunan.

Anwar Yasin berharap Pemprov Jabar memberikan perhatian kepada wilayah Pantura yakni Cirebon dan Indramayu, baik melalui dukungan program pembangunan infrastruktur maupun anggaran yang proporsional.

Program untuk pembangunan infrastruktur itu, bisa saja berupa peningkatan jalan maupun rehabilitasi jalan.

Sementara untuk dana bisa berupa dana reguler di Dinas BMTR Jabar dan bisa pula melalui dana bantuan keuangan.

Seperti diketahui, hasil aspirasi Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD)
Dinas BMPR
Provinsi Jawa Barat Tahun 2024, disepakati Bantuan keuangan (Bankeu) Kab/Kota untuk penanganan jalan yang menjadi prioritas pada tahun 2025, sebesar Rp 3,033 Triliun.

Baca Juga  Banyak Keluhan, Layanan Imigrasi Harus Diubah

Bantuan tersebut untuk penanganan jalan sepanjang 976,009 Km, dengan total usulan sebanyak 372 penanganan jalan .

“Semoga saja dengan atensi ini persoalan kerusakan jalan provinsi di wilayah Pantura, bisa segera diselesaikan, ” ucap bakal calon Bupati Cirebon tersebut.

(Ida/ Adikarya Parlemen)