banner 970x250

Uu Ruzhanul: OPOP Stimulus Pesantren Kembangkan Usaha

Kota Sukabumi, Brilianews.com – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Muslim Kota Sukabumi dalam rangka Siaran Keliling (Sarling) Jabar, Jumat (26/8/2022).

Kunjungan tersebut untuk melihat peningkatan usaha Ponpes Al-Muslim, usai bergabung dengan program One Pesantren One Product (OPOP).

Wagub Uu Ruzhanul mengatakan program OPOP, mampu menstimulus Ponpes Al-Muslim mengembangkan usahanya.

Hal itu terlihat dari pengembangan produk. Selain kaos, Ponpes Al-Muslim juga menghadirkan produk fesyen lainnya sekaligus membuka usaha baru di sektor perikanan.

“OPOP adalah bukti keseriusan Pemda Provinsi mengembangkan ekonomi pesantren. Kami bersyukur gagasan ini menjadi maslahat, minimal pesantren ada penghasilan untuk biaya kebutuhan sehari-hari,” katanya.

Baca Juga  Hari Terakhir Pendaftaran Peserta Pilgub Jabar : PKB Usung Acep Adang-Gita KDI, Anies Batal Maju di Jabar, PDIP Usung Jeje-Ronal

Sarling Jabar sendiri kata Uu Ruzhanul, dalam upaya menjalin kedekatan dengan masyarakat sekaligus memantau keberlangsungan program-program Pemda Provinsi Jabar.

“Termasuk memantau OPOP, UMKM dan program lainnya. Sehingga ada kesimpulan, bagaimana efeknya, bagus atau tidak. Harapan pemerintah, setiap programnya didorong dan didukung masyarakat,” ujar Uu.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Al-Muslim Yusuf Mulyadin menuturkan, santri Ponpes Al-Muslim, selain belajar ilmu agama juga mendapatkan pelatihan kewirausahaan. Salah satunya membudidayakan lele dan ikan mas. Hal itu, kata Yusuf, dapat berlangsung karena dukungan program OPOP.

Baca Juga  Mapag Hujan Digelar Serentak di 30 Kecamatan Kota Bandung

“Alhamdulillah hadir keberkahan, pendampingan OPOP tidak hanya di awal, tapi pendampingan terus dilakukan. Teranyar kini kita belajar budi daya ikan,” ucap Yusuf. (Afr)