banner 970x250

Hari Kesaktian Pancasila, Sekda Imbau Pemuda Seimbangkan IQ, EQ, dan SQ

Kota Bandung, Brilianews.com – Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober menjadi momen untuk seluruh masyarakat, berkontemplasi dalam mengimplementasi nilai-nilai dasar negara ini.

Terutama bagi para generasi muda yang akan menjadi tonggak penerus bangsa.

“Kita terus berupaya untuk menjaga nilai-nilai ini agar bisa diaplikasikan juga oleh kalangan muda, agar bisa menjadi generasi penerus yang tidak hanya cerdas dalam sisi IQ, tapi juga EQ dan SQ-nya,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna di Balai Kota Bandung, Sabtu (1/10/2022).

Baca Juga  Pembayaran Insentif Seluruh Nakes Jabar Diselesaikan Bulan Ini

Dengan begitu, kata Ema para generasi muda mampu mengaktualisasikan diri bukan hanya cerdas dalam sisi berpelajaran, tapi juga dalam berperilaku.

“Ini yang harus menjadi fokus kita. Bagaimana menyiapkan generasi mendatang, agar jauh lebih baik melalui pendidikan baik formal maupun nonformal,” ujarnya.

Secara umum menurut Ema, nilai-nilai Pancasila sudah berjalan sangat baik di Kota Bandung. Terutama dalam kehidupan beragama, sudah sangat damai dan kondusif. Apalagi dengan hadirnya beberapa kampung toleransi di Kota Bandung.

“Itu menjadi bukti bahwa kerukunan kehidupan yang berlandaskan agama, sudah berjalan dengan baik. Setiap warga bisa beribadah sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. Sudah tidak ada lagi bicara tentang unsur SARA,” tuturnya.