banner 970x250

Kunker ke Amerika Serikat, Ridwan Kamil : Cari Peluang Investasi Energi Terbarukan untuk Listrik

Kota Bandung, BriliaNews.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan melakuka kunjungan luar negeri ke Amerika Serikat pada 18 – 20 Mei 2023.

Dalam kunker luar negeri tersebut, Ridwan Kamil dalam kapasitas sebagai Ketua Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET).

Kang Emil sapaan Ridwan Kamil menyebut, ia diberi tugas oleh organisasi untuk membawa investasi energi terbarukan ke Indonesia.

“Saya kapasitasnya sebagai Ketua ADPMET, ada tugas dari organisasi untuk membawa investasi maksimal energi terbarukan ke Indonesia,” ujarnya di Bandung, Selasa (16/5/2023).

Baca Juga  Presiden Jokowi Jenguk Try Sutrisno di RSPAD Gatot Soebroto

Kunjungan dinasnya ke Amerika Serikat, juga sebagai upaya mewujudkan Indonesia Net Zero Emisi pada 2050.

Menurut Ridwan Kamil, Indonesia harus mulai gencar mengurangi penggunaan listrik dari batubara, termasuk mengurangi bahan bakar tranportasi berbasis bensin.

“Kita ini sudah berjanji kepada dunia bahwa kita akan net zero emisi pada 2050, sehingga yang namanya pembangkit listrik tenaga batubara harus mulai perlahan dikurangi, transportasi berbasis bensin juga harus mulai dikurangi,” tuturnya.

Untuk itu dirinya mendukung penuh adanya insentif bagi masyarakat untuk pembelian kendaraan listrik. Dengan begitu net zero emisi pada 2050 bisa tercapai.

Baca Juga  54 Sekolah di Kota Bandung Siap Kembali Jalani PTMT

“Kalau tidak ada insentif-insentif proses itu akan lama, jadi saya sangat mendukung yang namanya insentif untuk kendaraan listrik agar 2050 target tercapai,” kata Ridwan Kamil.

Editor : Afrida