banner 970x250

Segera Daftar, UPI Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Jalur Mandiri

Kota Bandung, BriliaNews.com – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk Fakultas Kedokteran melalui Jalur Mandiri mulai tanggal 10 sampai 16 Agustus 2023.

Fakultas Kedokteran ini merupakan fakultas yang baru dibuka, setelah UPI menerima keputusan penetapan serta rekomendasi telah memenuhi persyaratan akreditasi minimum dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM PTKES) pada 3 Agustus 2023 lalu.

Dengan diterimanya keputusan penetapan tersebut, UPI secara resmi membuka pendaftaran 2 prodi baru, yakni Program Studi Kedokteran Pada Program Sarjana dan Program Studi Dokter pada Program Pendidikan Profesi.

Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd., MA mengapresiasi penerimaan surat keputusan penetapan serta rekomendasi telah memenuhi persyaratan akreditasi minimum Program Studi dari LAM PTKES.

Secara kelembagaan dikatakannya, UPI berupaya maksimal dan bekerja keras dalam pendirian Program Studi Kedokteran pada Fakultas Kedokteran ini.

“Kita tidak setengah – setengah, kita berupaya dengan luar biasa,” ujarnya di Gedung Partere UPI Bumi Siliwangi, Kota Bandung (8/8/20230).

Ia menyatakan, keberadaan Program Studi Kedokteran pada Fakultas Kedokteran UPI, melengkapi Fakultas Kedokteran yang sudah ada di Indonesia dengan berbagai keunggulan yang dimiliki.

“Dengan identitas pendidikan, kekhasan dan keunggulan yang dimiliki, semoga bisa memenuhi kebutuhan tenaga dokter, melayani masyarakat serta mewarnai dalam kiprah Fakultas Kedokteran di Indonesia,” ucapnya.

Menurut Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan UPI Prof. Dr. H. Didi Sukyadi, pembukaan Fakultas Kedokteran ini sudah lama dicita-citakan UPI, namun baru terwujud karena ada moratorium dari pemerintah untuk pembukaan Prodi Kedokteran.

Baca Juga  Hari Oeang RI Momentum Stabilisasi Ekonomi Jabar

“Setelah pemerintah mengevaluasi pasca Covid, ternyata rasio jumlah dokter dengan jumlah penduduk Indonesia, masih kurang. Apalagi di Pulau Jawa,” ungkapnya.

Didi menyebut, fakultas Kedokteran UPI berada dibawah bimbingan penuh Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.

Sejumlah rumah sakit juga bersedia bekerja sama untuk menjadi tempat mahasiswa berpraktek.

“Kami juga berkolaborasi dengan Fakultas kedokteran yang sudah ada,” ujarnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) Prof. Dr. R. Boyke Mulyana, M.Pd selaku tim pengusul menuturkan, UPI memiliki keunggulan yang dapat mendukung Fakultas Kedokteran.

Diantaranya keberadaan sport medicine dan sport science yang sudah ada, memberikan dukungan keunggulan bagi Program Studi Kedokteran Program Sarjana dan Program Studi Dokter Pada Program Pendidikan Profesi Universitas Pendidikan Indonesia.

UPI juga sudah menyiapkan sejumlah fasilitas sarana dan prasarana, yaitu Gedung 3 Lantai yang sudah di rancang melalui konsultasi dengan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, sebagai pembina untuk proses belajar mengajar mahasiswa kedokteran.

Gedung ini dilengkapi ruang kuliah, ruang tutorial, ruang dosen, perpustakaan, ruang komputer dan 13 ruang laboratorium yang sesuai standar pendirian program studi kedokteran serta fasilitas laboratorium.

Pada Tahun Akademik 2023/2024 ini, kuota mahasiswa baru Fakultas Kedokteran yang diizinkan, maksimal 50 mahasiswa.

“Kita mengejar kualitas, jadi bisa saja yang diterima dibawah 50 mahasiswa, bila hasil ujian peserta di bawah standar,” kata dr. Hamidie Ronald D Ray, yang juga tim pengusul.

Baca Juga  BOR Turun, Ridwan Kamil Minta Masyarakat Terus Kurangi Mobilitas

“Tetapi nanti di tahun ke dua kita bisa meminta kembali reakreditasi, dan bila setelah proses tersebut kita mendapatkan akreditasi A atau B, kuota mahasiswa bisa bertambah,” tuturnya.

Hamidie memaparkan, UPI telah menyiapkan 33 tenaga pendidik dokter pada bidang ilmu kedokteran dasar, public health, bioetik/medicolegal, pendidikan kedokteran, dokter spesialis, serta dokter spesialis kedokteran olahraga yang sesuai standar minimal pembukaan program studi kedokteran.

Selain itu prodi ini juga didukung oleh 17 orang tenaga kependidikan dan laboran sebagai pendukung kegiatan belajar mengajar di program studi kedokteran.

Terkait pendaftaran, Direktur Direktorat Pendidikan UPI Dr. rer.nat Asep Supriatna, menjelaskan, penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2023/2024 dilaksanakan dalam beberapa tahap, yaitu:

  1. Sosialisasi dan promosi mulai 8 – 14 Agustus 2023.
  2. Pelaksanaan pendaftaran 10 – 16 Agustus 2023.
  3. Pelaksanaan ujian tulis 18 – 20 Agustus 2023
  4. Pengumuman kelulusan 22 Agustus 2023
  5. Pelaksanaan Registrasi 23 – 25 Agustus 2023;
  6. Masa Orientasi Kampus & Kuliah Umum tanggal 28,29 dan 30 Agustus 2023
  7. Pelaksanaan Perkuliahan tanggal 1 September 2023.

Asep menambahkan, pendaftar dapat mengakses informasi penerimaan mahasiswa melalui laman https://pmb.upi.edu

Pewarta : Adi
Editor : Afrida