banner 970x250

Tingkatkan Kemampuan Pengelola Jurnal, Tim PkM UPI Gelar Pelatihan Open Journal

Kota Bandung, BriliaNews.com – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), menyelenggarakan pelatihan open journal system guna meningkatkan kemampuan pengelola jurnal dilingkungan UPI.

Pelatihan yang diikuti para dosen dan mahasiswa UPI selaku pengelola jurnal pada masing-masing unit kerja UPI, diselenggarakan di Auditorium LPPM UPI, Senin (9/9/2024).

Ketua Tim PkM UPI Lukman Hakim, S.Pd., M.Pd menyampaikan, dalam kegiatan ini peserta dilatih dalam menguasasi kualitas substansi artikel dan kualitas manajemen open journal system, untuk menghasilkan publikasi artikel ilmiah yang beruptasi nasional dan internasional.

Baca Juga  UPTD Tahura Juanda Lepasliarkan 60 Ekor Burung di Hari Rimbawan Ke-40

“Untuk itu, pengelola jurnal harus memahami kualitas substansi artikel serta kualitas pengelolaan manajemen dan aplikasi open journal system bagi dosen dan mahasiswa,” ujarnya.

Lukman menjelaskan, tujuan pengabdian kepada masyarakat ini, untuk memberikan pemahaman tentang substansi artikel jurnal dan manajemen pengelolaan open journal system, guna meningkatkan reputasi indeks jurnal pada level nasional dan internasional.

“Adanya peningkatan reputasi jurnal akan berdampak pada peningkatan reputasi karya ilmiah pada dosen dan mahasiswa, sehingga kualitas dan kuantitas publikasi karya ilmiah akan tercapai,” ujarnya.

Pada pelatihan tersebut, peserta mendapatkan materi terkait dengan kebijakan, program dan sistem informasi jurnal dan IKU kebijakan penelitian dan pengabdian, pengelolaan naskah ilmiah, panduan teknis pengelolaan tampilan open journal system serta manajemen publikasi jurnal.

Baca Juga  Peringatan Hardiknas 2023, Mahasiswa UPI Pamerkan Lukisan Ekspresi Diri dan Emotional Manusia

Pewarta : Adi
Editor : Afrida