banner 970x250

Presiden Jokowi Lantik Menteri Sosial dan Kepala BNPT di Istana Negara Jakarta

Jakarta, BriliaNews.com – Presiden Joko Widodo melantik Syaifullah Yusuf sebagai Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 di Istana Negara Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Pelantikan Syaifullah Yusuf berlandaskan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 102/P Tahun 2024, tentang Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Syaifullah Yusuf menggantikan Tri Risma Harini, yang mengundurkan diri karena maju pada Pilkada Jawa Timur 2024.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga melantik Irjen Eddy Hartono sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Pelantikan Irjen Eddy Hartono berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 124/TPA Tahun 2024, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

Baca Juga  Presiden Jokowi Minta Daerah Bangun Kota Sesuai Ciri Khas dan Potensinya

Irjen Eddy Hartono yang sempat menjabat sebagai Kepala Detasemen Khusus (Densus) Anti Teror Mabes Polri, menggantikan Komjen Mohammed Rycho Amelza Dahniel.

Presiden Jokowi pun mengambil sumpah jabatan para pejabat yang dilantik.

“Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Presiden mendiktekan sumpah jabatan.

Baca Juga  Sumpah Pemuda, Wagub Uu Ruzhanul Ajak Pemuda Eratkan Persatuan

Pelantikan tersebut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan para pimpinan lembaga tinggi negara lainnya.

Editor  : Afrida