banner 970x250

Jabar Bergerak Salurkan Bantuan Rutilahu Bagi Warga Jompo Ibu Haya Purwakarta

Jabar Bergerak Salurkan Bantuan Rutilahu Bagi Warga Jompo Ibu Haya Purwakarta
Jabar Bergerak Salurkan Bantuan Rutilahu Bagi Warga Jompo Ibu Haya Purwakarta

Kab. Purwakarta, Brilianews.com – Pendiri Jabar Bergerak Atalia Praratya Ridwan Kamil menghadiri acara pengukuhan pengurus Jabar Bergerak Kabupaten Purwakarta dan Indramayu di Gedung Yudistira, Kabupaten Purwakarta, Kamis (17/6/2021).

Dalam acara tersebut, Ai Nurhasan dikukuhkan sebagai Ketua Jabar Bergerak Purwakarta. Sedangkan, Jabar Bergerak Indramayu diketuai oleh Sulkhin.

Atalia berpesan kepada pengurus Jabar Bergerak Purwakarta dan Indramayu, untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Kegiatan kami akan bergerak sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kalau kebutuhan masyarakat terkait dengan kebencanaan, kami akan hadir. Terkait penanganan COVID-19, kami juga akan hadir,” kata Atalia.

Atalia menuturkan, Jabar Bergerak hadir sebagai mitra semua pihak, termasuk pemerintah.

Ia pun sangat mengapresiasi dukungan dari Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dalam berkolaborasi bersama Jabar bergerak untuk bahu-membahu hadir di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan bantuan.

“Dukungan luar biasa juga dari Ibu Bupati terkait dengan kolaborasi ke depan, karena kami hadir adalah untuk membantu pemerintah bukan menjadi beban pemerintah. InsyaAllah kita sesuaikan dan berkolaborasi juga bersama bapak/ibu semua juga stakeholder lainnya yang ada di wilayah Purwakarta,” katanya.

Baca Juga  Lomba Berhadiah 77 Juta dan Festival Di 77 Titik Ramaikan Hari Jadi Jabar ke 77

Setelah menghadiri pengukuhan pengurus Jabar Bergerak Purwakarta dan Indramayu, Atalia yang juga merupakan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jabar mengunjungi salah satu galeri Dekranasda di Purwakarta yang menyuguhkan produk UMKM khas daerah setempat, yakni Menong.

Menong adalah kriya hasil kerajinan tangan dari bahan tanah liat. Tanah liat dibentuk seperti miniatur manusia dengan karakter yang beragam dan unik, dan dapat menjadi pajangan di rumah.

“Saya hari ini juga sekaligus melihat produk UMKM di galeri Purwakarta ini, yang merupakan galeri Dekranasda. Produknya luar biasa karena dikemas dengan cara yang cantik dan mereka punya ikon “Menong” yang saya kira bisa diangkat sampai ke mancanegara,” tuturnya.

Pada kesempatan itu Atalia juga memberikan santunan bagi warga Jompo Ibu Haya di Desa Bunder, Kecamatan Jatiluhur, dan juga menyerahkan bantuan rumah tidak layak huni (rutilahu) di Desa Ciwangi, Kecamatan Bungursari

Baca Juga  Jabar Targetkan Tahun 2022 Tidak Ada Lagi Desa Tertinggal

Atalia menuturkan, saat ini Jabar Bergerak hadir di Purwakarta sebagai mediator dari masyarakat yang memberikan pertolongan atau bantuan.

“Jadi kami di Jabar Bergerak ini tugasnya untuk menjadi kepanjangan tangan dari mereka-mereka yang berbaik hati untuk membantu masyarakat lain. Dalam program bedah rumah atau rutilahu ini kami juga sudah melaksanakan sampai sekarang di 10 kabupaten/kota di Jabar,” tuturnya.

“InsyaAllah menyusul hadir di semua 27 kabupaten/kota dan ada programnya masing-masing dua rumah yang akan dibedah, saat ini kami hadir di rumah ini Purwakarta yang kami bantu dalam bentuk pembangunan rumah atau renovasi rumah,” imbuhnya. (Adi)