banner 970x250

Menko Marves dan Gubernur Jabar Tinjau Progress Pesawat N219 Produksi PTDI

Kota Bandung, Brilianews.com – Menteri Koordinator Kemaritiman & Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengunjungi PT Dirgantara Indonesia (PTDI) untuk melihat langsung progress pesawat N219.

Direktur Utama PTDI, Gita Amperiawan menjelaskan, saat ini pesawat N219 masih menjalankan serangkaian uji terbang sebagai penyiapan untuk masuk ke pasar, sekaligus penyiapan pengembangan pesawat tersebut menjadi versi amphibi.

Pengembangan pesawat N219 amphibi saat ini sudah memasuki tahapan Detail Design, untuk kemudian dilanjutkan ke tahapan Prototyping & Structure Test, Development Flight Test dan ditargetkan perolehan Amendment Type Certificate (ATC)/sertifikasi amphibi di tahun 2024.

Baca Juga  Lantik Enam Pj. Bupati dan Pj. Walikota, Bey Machmudin : Pastikan Pemilu 2024 Berjalan Aman dan Damai

Menteri Koordinator Kemaritiman & Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyebut potensi pasar pesawat N219 amphibi cukup besar, baik di wilayah Indonesia maupun Asia Pasifik.

Tercatat potensi pasar N219 amphibi di Indonesia adalah sebanyak 40 unit dan di Asia Pasifik
sebanyak 76 unit.

Dengan inovasi transportasi udara tersebut, kata Luhut,
dimasa mendatang akan terbuka kemungkinan dicapainya semua tujuan destinasi pariwisata Nusantara laut dengan pesawat N219 amphibi.

Hal ini akan membantu menjangkau dan menghubungkan wilayah 3T Terluar, Terdepan dan Tertinggal.

Baca Juga  Gandeng Komunitas Edan Sepur, KAI Daop 2 Bandung Sosialisasi Anti Pelecehan Seksual di Stasiun dan Diatas KA

“Saat ini pesawat N219 memiliki TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) 44.69%. Diharapkan kedepannya dapat ditingkatkan sampai 70%, dari mulai landing gear, avionics, sampai bahan baku pesawatnya dapat dibuat industri di dalam negeri,” kata Luhut. (Afr)