banner 970x250

Holding BUMN Farmasi Raih AKHLAK Award 2 dari Kementerian BUMN

Kota Bandung, Brilianews.com – Holding BUMN Farmasi (Bio Farma, Kimia Farma dan Indofarma) mendapatkan anugerah AKHLAK Award 2 dari Kementerian BUMN, pada acara Refleksi 2 Tahun AKHLAK BUMN – AKHLAK Award 2022 di Jakarta, Selasa (5/7/2022).

Bio Farma meraih penghargaan Award AKHLAK 2 dalam kategori AKHLAK Award 2 Klaster Industri Kesehatan dan Akhlak Award 2 untuk BUMN Kompeten, sedangkan Kimia Farma dan Indofarma meraih penghargaan kategori Indeks Implementasi AKHLAK Klaster Industri Kesehatan.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri BUMN Erick Thohir Bambang Soesatyo (Ketua MPR Republik Indonesia), Nurul Ghufron (Wakil Ketua KPK), yang hadir secara online.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan nilai-nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK) Badan Usaha Milik Negara (BUMN), menjadi pelopor terhadap tumbuhnya ekosistem moral bangsa.

Wapres berharap core value AKHLAK BUMN ini, tidak hanya tumbuh di internal BUMN saja, tapi juga menjadi pelopor tumbuhnya ekosistem moral bangsa Indonesia.

Baca Juga  Pemdaprov Jabar Salurkan Air Bersih ke Beberapa Wilayah yang Alami Kekeringan

“Kami harap core value ini tidak hanya sekadar menjadi penguat semangat membangun ekonomi negara, tapi juga menumbuhkan ekosistem moral bangsa Indonesia yang lebih melembaga dan diakui dunia,” ujar Ma’ruf Amin.

Sementara itu Menteri BUMN Erick Thohir menuturkan, sejak awal diluncurkan hingga sekarang penerapan core value AKHLAK terus menunjukan hasil yang baik.

Hal itu tercermin dari konsistensi proses bersih – bersih dan pemberantasan korupsi di tubuh BUMN, transformasi Human Capital yang menjadi lebih profesional, transparan, terbuka dan juga balance antara pemimpin muda, kesetaraan gender hingga meningkatnya pendapatan BUMN dari hanya Rp13 triliun sekarang menjadi Rp126 triliun.

Erick Thohir berharap,
seluruh BUMN konsisten menerapkan core value akhlak dalam melakukan pekerjaannya dan jargon AKHLAK ini juga diterapkan pada keluarga.

“Saya menekankan kepada seluruh BUMN agar konsisten menerapkan core value akhlak baik dalam melakukan pekerjaan maupun dalam lingkup yang lebih luas yaitu di keluarga kita dan dalam bermasyarakat, ” tandasnya.

Erick Thohir meyakini dengan penerapan nilai AKHLAK dapat menjaga dan mempererat persatuan kita sebagai bangsa, yang saat ini sedang menghadapi tekanan – tekanan berat secara global.

Baca Juga  Bio Farma Bicara Inovasi dan Bagikan Ilmu Hadapi Pandemi Covid-19 di AIM Global 2023, Abu Dhabi

“Kita harus menjadi negara yang kokoh mengembangkan SDM kita. Ayo jadikan Indonesia yang maju makmur dan mendunia, ” tegas Erick.

Menanggapi hal itu Direktur Utama Holding BUMN Farmasi Honesti Basyir menegaskan, Holding BUMN Farmasi berkomitmen menjadi lokomotif ketahanan kesehatan bangsa dengan semangat Core Value AKHLAK.

“Kami siap mengemban amanah, untuk menjadikan masyarakat Indonesia yang lebih sehat, dengan kompetensi dan kolaborasi menciptakan produk-produk inovatif dalam bidang kesehatan yang dibutuhkan saat ini dan dimasa yang akan datang”, ungkap Honesti.

(Adi/ Afr)