banner 970x250

Kader Posyandu Harus Paham Dunia Digital

Kab.Tasikmalaya, BriliaNews.com – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengingatkan,
para pemegang amanah di negeri ini hingga tingkat desa, RT dan RW, termasuk kader-kader Posyandu, wajib paham dunia digital.

Hal ini untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat, memudahkan dalam mengakses informasi, serta tersusunnya data lebih baik.

Wagub mengatakan hal itu ketika membuka sosialisasi Digitalisasi bagi Kader Posyandu Pendamping Posyandu Juara Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, di Islamic Center, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (2/8/2022).

Menurut Wagub transformasi digital merupakan keniscayaan, bahkan menjadi keharusan di era yang semakin maju saat ini.

Baca Juga  Capaian Sentra Vaksinasi BPBD di Garut Melebihi Target

“Maka sekali lagi saya menguatkan kader-kader Posyandu yang ada di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, wajib paham dunia digital,” tegasnya.

Ia berpesan kepada kader Posyandu untuk meningkatkan kapasitas diri dengan berperan aktif dalam mengikuti perkembangan digital dan teknologi, sehingga mereka dapat meningkatkan derajat dan kualitas kesehatan masyarakat.

Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Tasikmalaya Asep Darisman mengatakan, sosialisasi ini merupakan salah satu terobosan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, agar Posyandu mampu menggunakan aplikasi digital.

Dengan penggunaan aplikasi digital diharapkan tugas kader akan lebih efektif dan efisien, daripada yang biasa dilakukan seperti menggunakan buku besar yang masih manual dengan mencatat.

Baca Juga  Kota Bandung Tahun 2023 Akan Menambah 3 ATM Beras

“Digitalisasi bagi kader Posyandu ini diharapkan selain membantu dalam meningkatkan derajat dan kualitas kesehatan masyarakat, juga bisa membantu para kader untuk konseling pertumbuhan gizi, serta kesehatan ibu dan anak,” imbuh Asep.
(Afr/Adi)