banner 970x250

Wagub Jabar Hadiri Pencanangan Komponen Cadangan 2022

Kab. Bandung Barat, Brilianews.com – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menghadiri Pencanangan Komponen Cadangan (Komcab) Tahun 2022 oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Lapangan Udara Suparlan Pusdiklatpasus Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (8/9/2022).

Sistem pertahanan merupakan kebutuhan mendasar bagi sebuah negara, untuk menegakkan kedaulatan, menjaga keutuhan wilayah dan melindungi keselamatan bangsa dari segala bentuk ancaman.

Terlebih di lingkungan strategis internasional dan nasional yang dinamis, sehingga pertahanan mutlak diperkuat.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan tantangan dan ancaman yang semakin beragam dan sulit diprediksi, mendorong negara untuk menata kekuatan nasional.

“Hal itu untuk memperkokoh Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta atau Sishankamrata,” ujar Wapres.

Baca Juga  Enam Rekomendasi Sherpa Meeting akan Dibahas pada forum U20 Agustus 2022 mendatang.

Komponen Cadangan kata Wapres untuk meningkatkan pemahaman tentang isu-isu global, menanamkan kesetiakawanan sosial, serta menebarkan toleransi dan moderasi, dalam upaya memperkuat persatuan dan kesatuan.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjelaskan, Komponen Cadangan Tahun Anggaran 2022, sebanyak 2.974 orang, terdiri dari Rindam II Sriwijaya 450 orang, Rindam IV Mulawarman 500 orang, Rindam XIV Hasanudin 500 orang, Komando Pendidikan Marinir TNI AL 499 orang, Pusdiklat Kopasgat TNI AU 500 orang dan Pusdik Kowad 50 orang dan dari Universitas Pertahanan RI 475 orang.

Menurut Prabowo, anggota Komponen Cadangan merupakan amanat UUD RI Tahun 1945 Pasal 27 dan 30 , bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

Baca Juga  Teras Cihampelas Berbenah, Bakal Dibuka Saat Bulan Ramadan

“Dalam UU Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, disebutka setiap warga negara berhak dan wajib dalam usaha pertahanan dan kemanan negara,” tandasnya. (Afr)