banner 970x250

Kabar Baik, Kompensasi Untuk Ternak Mati Akibat PMK Segera Dibayarkan

Kota Bandung, Brilianews.com – Pemerintah segera membayarkan kompensasi kepada peternak, yang ternak peliharaannya mati akibat Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Pemberian kompensasi tersebut merupakan bukti kepedulian dari pemerintah kepada peternak, yang kehilangan hewan ternaknya akibat wabah PMK.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat M.Arifin Soedjayana menyebutkan, pemerintah sudah menyiapkan kompensasi kepada peternak yang terdampak wabah PMK.

Pihaknya kata Arifin, masih menunggu usulan dari kabupaten maupun kota, jumlah ternak milik peternak yang mati terpapar penyakit infeksi tersebut.

Baca Juga  Langgar Aturan Domisili, Disdik Jabar Batalkan Kelulusan 31 Calon Peserta Didik SMA di Kota Bandung

Jika usulan dari kabupaten/ kota sudah masuk, Pemerintah Provinsi Jabar akan meneruskannya kepada Pemerintah Pusat.

“Pemerintah pusat memberikan bantuan kepada peternak yang ternaknya mati tadi, yaitu untuk sapi perah, sapi potong dan kerbau Rp10 juta per ekor. Sedangkan untuk domba/ kambing Rp1,5 juta per ekor. Jawa Barat ada sekitar 5.000 yang teralokasikan. Tapi, kabupaten/kotanya belum mengusulkan ke kita untuk diusulkan ke pusat,” kata Arifin di Bandung pekan ini.

Adapun kondisi terkini penyebaran PMK di Jawa Barat, terpantau mulai terkendali. Sebelumnya penyakit tersebut telah menjangkiti puluhan ribu hewan ternak.

Baca Juga  Bey Machmudin Ucapkan Belasungkawa atas Berpulangnya Mantan Gubernur Jabar Solihin GP

“Walau demikian Pemprov tetap memasifkan penanganan PMK, terutama melalui pendekatan biosekuriti dan vaksinasi yang akan terus dilakukan, ” ujarnya. (Afr)