banner 970x250

Monev Penanganan PMK, Satgas PMK Tinjau Peternakan di Cisurupan Garut

Kab. Garut, Brilianews.com – Satgas Penanganan PMK Nasional melakukan kunjungan ke peternakan di Cisurupan kab. Garut Jawa Barat.

Kunjungan tersebut dalam rangkaian kegiatan monitoring dan evaluasi penanganan PMK.

Di kecamatan Cisurupan, Satgas PMK meninjau implementasi dan progres penerapan lima strategi utama penanganan wabah PMK.

Tenaga Ahli Satgas PMK Nasional Kolonel inf. Firdaus menilai, Kecamatan Cisurupan telah menerapkan vaksinasi para hewan ternak sapi dan kambing.

“Selain itu, biosecurity juga telah dilakukan pada kandang ternak, khususnya yang terjangkit PMK,” katanya baru-baru ini.

Proses keluar masuk hewan ternak di Kecamatan Cisurupan, menurutnya juga diberlakukan rapid test dan biosecurity yang ketat untuk mencegah penularan PMK dari luar maupun dalam wilayah Cisurupan.

Baca Juga  RS Rujukan Terus Tambah Tempat Tidur, Gunung Bohong Disulap Jadi Tempat Isolasi

“Kami himbau (peternak) memaksimalkan proses pengobatan hewan yang terjangkit PMK sampai sembuh, sehingga hewan ternak dapat dijual kembali dan tidak perlu ada penurunan nilai jualnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga perekonomian para peternak agar tetap stabil,” ujarnya.

Turut dalam kunjungan tersebut tim dari Kedeputian Bidang Logistik dan Peralatan BNPB, Inspektorat BNPB, Pusat Pengendalian Operasi BNPB, Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, BPBD Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Garut, perwakilan dari Badan Karantina Pertanian, Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Garut, serta IDHSI.

Baca Juga  Gubernur Jabar Ridwan Kamil Kukuhkan Komite Masyarakat Adat Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau peternak dan pedagang hewan ternak, tetap waspada terhadap ancaman penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Saya minta tetap waspada, meskipun wabah PMK di Jawa Barat saat ini sudah terkendali, ” tandasnya. (Afr)