banner 970x250

Angkutan Lebaran 2023, Jalan Provinsi di Jabar Siap Digunakan Untuk Jalur Mudik

Kota Bandung, BriliaNews.com – Kepala Bidang Pemeliharaan dan Pembangunan Jalan Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat Iwan Suwanagiri mengatakan, jalan provinsi yang bakal digunakan untuk jalur mudik dan balik lebaran 2023 sudah siap dilalui.

“Hasil identifikasi ada 114 ruas jalur utama dan 24 jalur alternatif mudik Lebaran yang bakal digunakan, kondisinya siap dengan kemantapan jalan 83 persen,” kata Iwan pada acara Japri di gedung Sate kota Bandung, Kamis (13/4/2023).

Pada tahun 2023 ini, kata Iwan ada 69 paket konstruksi jalan di 71 ruas jalan provinsi, berupa perbaikan berkala atau pelapisan ulang (overlay).

Baca Juga  Peringati Isra Mi'raj, Wagub Gelorakan Spirit Pancasila

Dari perbaikan itu sebanyak 24 paket selesai 100 persen dengan panjang 50 KM, sisanya 45 paket sudah dikerjakan untuk kegiatan penutupan lubang jalan.

“Sisanya akan diselesaikan setelah Lebaran hingga maksimal bulan Juli,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat A. Koswara mengatakan, pada masa arus mudik dan lebaran 2023 pemetintah akan membatasi operasional angkutan berat di lima ruas jalan.

Ke lima ruas jalan tersebut yakni ruas jalan Cimahi-Kolonel Masturi – Parompong – Lembang – Subang, Bandung – Lembang – Subang, Batas Kabupaten Bandung – Garut – Leles – Kadungora, Singaparna – Tasik, Simpang Tiga Cibadak – Cikidang – Pelabuhan Ratu dan ruas jalan Kadipaten – Majalengka – Sumber.

Baca Juga  Sekda Jabar Herman Suryatman Ajak ASN Kerja Berorientasi Outcome

“Pada kelima ruas jalan di Jabar tersebut, akan dilakukan pembatasan angkutan berat mulai 18 sampai 21 April dan 24 sampai 26 April,” ucap Koswara.

Pewarta : Adi
Editor : Afrida