banner 970x250

Per 1 Juni Kecepatan KA Meningkat, KAI Daop 2 Bandung Ingatkan Masyarakat untuk Hati-Hati

Kota Bandung, BriliaNews.com – Mulai 1 Juni 2023, PT KAI Daop 2 Bandung akan memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023, menggantikan Gapeka 2021 dengan percepatan waktu tempuh perjalanan KA.

Percepatan waktu tempuh perjalanan KA ini sejalan dengan meningkatnya kecepatan KA di berbagai lintas di daerah operasi (Daop) 2 Bandung.

“Beberapa lintas yang mengalami peningkatan kecepatan perjalanan KA, yakni pada lintas Padalarang – Cicalengka, serta Ciawi – Banjar. Pada kedua lintas tersebut, kecepatan KA bisa mencapai 105 kilometer per jam (kpj), dari sebelumnya hanya 90 kpj,” jelas EVP Daop 2 Bandung, Takdir Santoso, Senin (29/5/2023).

Maka dari itu, Takdir Santoso mengingatkan masyarakat yang berada di sekitar jalur KA, untuk lebih waspada dan berhati-hati. “Masyarakat juga diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di jalur KA, ” tandasnya.

Dengan adanya peningkatan kecepatan KA ini, ia menghimbau pengguna jalan khususnya saat melintasi perlintasan sebidang lebih meningkatkan kewaspadaan.

Baca Juga  Empat Petugas PT KAI Meninggal Namun Seluruh Penumpang KA Selamat pada Tabrakan Kereta di Cicalengka

Daop 2 Bandung sendiri mencatat dari tahun 2020 hingga 20 Mei 2023, terjadi 135 kasus KA tertemper orang, dengan rincian korban meninggal dunia 95 orang, 19 orang luka berat, dan 11 orang luka ringan. Sedangkan, kasus pelemparan KA pada periode yang sama mencapai 33 kasus.

Di wilayah Daop 2 Bandung terdapat 406 perlintasan sebidang, 75% diantaranya (302) merupakan perlintasan yang tidak dijaga.

Menurutnya, kesadaran masyarakat untuk mematuhi aturan agar tidak berada di area jalur rel, masih rendah. Untuk itu Daop 2 Bandung secara rutin melakukan sosialisasi ke masyarakat dan berkoordinasi dengan aparat kewilayahan setempat, terkait bahaya beraktivitas di jalur KA.

Selain itu, Daop 2 Bandung juga menempatkan petugas, untuk berjaga di titik-titik rawan serta melakukan patroli rutin guna keamanan di jalur KA.

Baca Juga  PT KAI Daop 2 Bandung Gelar Lomba Foto Bertema Mudik Dengan Total Hadiah Rp14 Juta

Koordinasi dan kolaborasi dengan stakeholders terkait, juga terus dilakukan untuk meminimalisir dan mencegah terjadinya aktivitas yang berpotensi menimbulkan bahaya bagi perjalanan kereta api.

“Kami berharap masyarakat turut berpartisipasi menciptakan keselamatan bersama dan kelancaran perjalanan kereta api. Jika ada yang bermain atau melakukan kegiatan di jalur kereta api, jangan segan-segan untuk memberikan pengertian atau teguran,” tutup Takdir.

Pewarta : Adi
Editor : Afrida