banner 970x250

Ridwan Kamil Raih Penghargaan Satyalencana Wira Karya

Kota Bandung, BriliaNews.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, atas keberhasilan dalam mendukung program Pembangunan Pertanian.

Penganugerahan Tanda Kehormatan tersebut disematkan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo atas nama Presiden, dalam rangkaian acara pembukaan kegiatan Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan XVI Tahun 2023 di Kota Padang, Sumatra Barat, Sabtu (10/6/2023).

Penghargaan ini diberikan terkait hasil yang dicapai oleh Provinsi Jabar melalui peningkatan produksi di tahun 2022.

Untuk diketahui untuk membagun SDM bidang pertanian, Jabar merekrut 1.026 orang tenaga bantu Penyuluh Pertanian Daerah, 431 orang Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman, dan Penyediaan Bantuan Operasional bagi 2.609 Penyuluh ASN kabupaten/kota se-Jabar.

Baca Juga  Sempat Tertahan, Tiga Warga Asal Cianjur Berhasil Dipulangkan Dari Riyadh Arab Saudi

Petugas tersebut memberikan pendampingan dan peningkatan kapasitas petani, sehingga mampu mencetak SDM berkualitas sehingga mampu meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian menjadi peringkat ke-2 tingkat nasional tahun 2022.

Pada tahun 2021, Jabar juga memperoleh penghargaan sebagai Kontributor Beras Terbesar Ke-3 Tingkat Nasional.

Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya kepada Gubernur Ridwan Kamil, juga terkait kebijakan dalam Program Petani Milenial yang dinilai berkontribusi secara nyata dalam regenerasi petani di Jabar.

Terkait program Petani Milenial yang mulai digulirkan tahun 2021, merupakan program pengembangan usaha pertanian yang melibatkan generasi milenial berkolaborasi dengan pemangku kepentingan program tersebut. 

Baca Juga  Atalia Ridwan Kamil Ajak Kolaborasi dan Harmonisasi Sukseskan Imunisasi Polio di Jabar

Program ini bertujuan menciptakan sistem pertanian yang mandiri, maju, dan berkelanjutan dengan tagline tinggal di desa, rezeki kota, bisnis mendunia.

Editor : Afrida