banner 970x250

Bio Farma Ajak Perempuan di Kalimantan Tengah Cegah Kanker Serviks

Palangka Raya, BriliaNews.com – Bio Farma mengajak para perempuan Indonesia, termasuk di Provinsi Kalimantan Tengah, untuk semakin peduli dengan kesehatan dirinya terutama berkaitan dengan upaya antisipasi terhadap kanker serviks.

Kanker serviks merupakan kanker yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim atau serviks.

Direktur Medis & Hubungan Kelembagaan Bio Farma Sri Harsi Teteki mengatakan sebagai Holding BUMN Farmasi, Bio Farma mendukung upaya pemerintah meningkatkan cakupan skrining kanker serviks di Indonesia.

“Bio Farma mendukung upaya peningkatan skrining kanker serviks, dengan menghadirkan Kit Diagnostik HPV DNA. Alat ini dapat mendeteksi keberadaan HPV lebih dini, melalui sample urine,” kata Sri Harsi
pada kegiatan Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI-BBWI) di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat (14/7/2023).

Baca Juga  Minimalisir Angka Kecelakaan Wisatawan, JQR Lakukan Pemantauan di Objek Wisata Pantai dan Gunung di Jawa Barat

Pada pagelaran busana pesona wastra Borneo tersebut, Bio Farma menganugerahkan Ketua TP PKK Kalimantan Tengah Yulistra Ivo Sugianto Sabran, sebagai Duta Kanker Serviks Kalimantan Tengah.

Sri Harsi berharap, dengan Kit Diagnostik HPV DNA, para wanita dapat memeriksakan kanker serviks lebih din dengan nyaman karena metodenya menggunakan sample urine.

“Sebagai perempuan Indonesia kita harus terus melindungi diri dengan menjaga kesehatan, juga mendukung semua perempuan di Indonesia untuk melakukan deteksi dini kanker serviks,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu Ketua TP PKK Kalimantan Tengah Yulistra Ivo Sugianto
mengatakan pemberian gelar Duta Kanker Serviks oleh Bio Farma, merupakan suatu kepercayaan sekaligus pengingat bagi dirinya sebagai perempuan untuk senantiasa menjaga pola hidup bersih dan sehat.

Baca Juga  Perkuat Infrastruktur Kesehatan Indonesia, Bio Farma Produksi IndoVac

“Dengan menyandang gelar duta kanker serviks, saya akan menyosialisasikan pencegahan kanker tersebut kepada kaum perempuan,” tuturnya.

Ia pun mengajak para perempuan di Kalimantan Tengah untuk melakukan skrining kesehatan, sebagai antisipasi dini terhadap kanker serviks yang merupakan salah satu penyakit sangat berbahaya bagi kaum hawa.

Pewarta : Adi
Editor       : Afrida