banner 970x250

Pastikan Warga Kembali dalam Kondisi Sehat, Pemkot Cirebon Gelar Tes Antigen di Posko Penyekatan

Pastikan Warga Kembali dalam Kondisi Sehat, Pemkot Cirebon Gelar Tes Antigen di Posko Penyekatan
Pastikan Warga Kembali dalam Kondisi Sehat, Pemkot Cirebon Gelar Tes Antigen di Posko Penyekatan

Kota Cirebon, Brilianews.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon bersama Polres Cirebon Kota, menggelar tes rapid antigen gratis di posko penyekatan.

Hal itu dilakukan guna memastikan warga yang kembali ke Cirenon setelah mudik lebaran, dalam keadaan sehat atau negatif Covid-19.

Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis mengatakan, pihaknya bersama Polres Cirebon Kota, melakukan pengawasan secara ketat pada warga yang tetap melakukan perjalanan mudik lebaran.

“Di setiap perbatasan Kota Cirebon, bekerjasama dengan Polri dan TNI, petugas melakukan pengecekan apakah mereka (pemudik) dalam kondisi sehat atau ada gejala-gejala terpapar (Covid-19),” ucapnya Senin (17/5/2021).

Baca Juga  DPRD Jabar Dukung Pembangunan Rumah Sakit Khusus Lansia

Menurut Azis, pemudik yang lolos dalam perjalanan pulang kampung pada saat ingin kembali ke tempat semula, dipastikan sehat dengan melakukan tes antigen langsung di posko yang ada.

“Peran TNI dan Polri dalam melakukan penyekatan menjadi sesuatu yang vital, dan Alhamdulillah Kota Cirebon berhasil melakukannya. Pemda melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menyiapkan petugas-petugas untuk swab antigen,” ungkap Azis.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Cirebon Kota, AKP La Ode Habibi Ade Jama mengatakan, setelah masa pengetatan arus mudik dan balik, pihaknya tetap melakukan penyaringan melalui operasi ketupat Lodaya sampai 24 Mei 2021.

“Masih ada kegiatan pasca pengetatan, jadi tanggal 18-24 tetap menyaring pemudik yang akan mengarah balik ke tempat tujuan,” ungkapnya.

Baca Juga  Percepat Eliminasi TBC, Pemkot Bandung dan USAID Gulirkan Program USAID Bebas TB

Di wilayah hukum Polres Ciko, pada operasi ketupat lodaya 2021 ini, ada 15 pos pemantauan yang didirikan, termasuk di dalamnya empat pos penyekatan yang ditempatkan di wilayah perbatasan, seperti Kedawung, Tangkil, Kalijaga serta perbatasan Penggung-Ciperna. (rel)