banner 970x250

Ungkap Kasus Pencurian Besi Rel Kereta Api, Kanit Reskrim Polsek Malangbong Terima Penghargaan

Kota Bandung, BriliaNews.com
PT KAI Daop 2 Bandung memberikan penghargaan kepada Dani Nuroni Rukmana, Kasat Reskrim Polresta Malangbong atas perannya dalam penangkapan pelaku pencurian rel kereta api di wilayah Desa Bunisari – Desa Citeras Kabupaten Garut pada 18 Juli 2023 lalu.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kolonel Inf Erwin, Manajer Keamanan Daop 2 Bandung, Senin (18/12/2023).

Manager Humas Daop 2 Bandung Ayep Hanapi mengatakan, penghargaan ini diberikan karena yang bersangkutan telah membantu Unit Pengamanan Daop 2 Bandung dalam mengamankan wilayah kerjanya.

“Kami sangat mengapresiasi kinerja kepolisian yang sangat baik serta turut menyelamatkan aset negara, melalui pengungkapan kasus pencurian besi rel yang terjadi di wilayah Garut,” kata Ayep Hanapi dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/12/2023).

Baca Juga  Tekan Angka Kecelakaan, PT KAI Daop 2 Bandung Kembali Tutup 2 Perlintasan Sebidang Liar

Ia menjelaskan ada dua pelaku pencurian (besi rel) yang berhasil ditangkap, yakni berinisial AS (42) dan YS (33). Keduanya melakukan pencurian besi yang diperuntukkan sebagai penyangga bebatuan bantalan rel kereta api. Aksi pencurian tersebut dapat membahayakan banyak orang.

“Aksi pencurian besi rel kereta api di jalur vital itu merupakan hasil temuan langsung jajaran Unit Reskrim Polsek Malangbong, yang melakukan patroli pada jam rawan kejahatan saat dini hari,” ujarnya.

Kasus pencurian besi rel ini, lanjut Ayep, bukan merupakan hal yang sepele. Selain kerugian materil, Daop 2 Bandung juga mengalami kerugian moril terkait tanggung jawab perusahaan terhadap keselamatan nyawa pelanggan serta crew kereta api yang bertugas.

Karena itu kata Ayep, pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk mengamankan jalur kereta, dengan bentang yang sangat luas.

Baca Juga  Masuki Musim Kemarau Basah, Curah Hujan di Kota Bandung Masih Signifikan

“Kami juga berharap peran serta masyarakat untuk memberikan informasi dan membantu dengan turut menjaga prasarana kereta api. Semoga hal ini terus menumbuhkan kepedulian kita semua dalam menciptakan perjalanan kereta api yang aman dan selamat,” tutup Ayep.

Pewarta : Adi
Editor : Afrida