banner 970x250

Angkutan Nataru 2023/2024, Pengguna Commuter Line Lokal Wilayah II Bandung Diprediksi Naik 3 Persen

Bandung, BriliaNews.com
Pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024 yang diberlakukan mulai 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024, KAI Commuter sebagai operator pelayanan perjalanan Commuter Line siap menyukseskan masa angkutan Nataru ini di Wilayah II Bandung.

Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, berbagai persiapan telah dilakukan baik dari sisi prasarana maupun sarana untuk mengantisipasi peningkatan volume pengguna pada moment Natal dan Tahun Baru.

Sekretaris Perusahaan Komuter KAI Anne Purba mengatakan, pada masa Nataru 2023-2024 ini, KAI Commuter Wilayah II Bandung setiap harinya mengoperasikan 58 perjalanan.

“Commuter line lokal yang dioperasikan yakni Commuter Line Walahar Ekspres 10 perjalanan, Commuter Line Garut Cibatuan 4 perjalanan, Commuter Line Bandung Raya 40 perjalanan, Commuter Line Cibatuan 2 perjalanan dan Commuter Line Jati Luhur dengan 2 perjalanan,” kata Anne Purba, Minggu (24/12/2023).

Anne Purba menyebut dari 58 perjalanan itu Commuter Line Wilayah II Bandung dapat mengangkut 64.554 orang.

Berdasarkan data, pada bulan Desember 2023 rata-rata volume penumpang di hari Weekday mencapai 38.680 orang, sedangkan pada Weekend sebesar 51.598 orang dengan total volume pengguna sebanyak 889.795 orang.

Baca Juga  DPRD Karawang Dorong Pemkab Bantu Vitamin Hewan bagi Peternak Lokal

Menurutnya, KAI Commuter memprediksi volume pengguna Commuter Line Lokal pada masa penyelenggaraan angkutan Nataru 2023/2024 mencapai 928 ribu orang. Angka tersebut naik sebesar 3% jika dibandingkan dengan Nataru 2022/2023 yang mencapai 901 ribu pengguna.

Untuk pengamanan para pengguna Commuter Line Lokal, KAI Commuter menerjunkan sebanyak 264 personil petugas baik di dalam perjalanan maupun stasiun. “Diatas kereta dan stasiun terdapat petugas internal KAI Commuter dan dibantu oleh Passanger Service (PS) dan Announcher sebanyak 128 orang,” tuturnya.

Pemesanan dan pembelian tiket Commuter Line Lokal, kata Anne Purba dapat dilakukan melalui Aplikasi Access By KAI. Tiket dapat dipesan mulai tujuh hari (H -7) sebelum hari pemberangkatan. Pembelian tiket secara langsung, hanya dapat dilayani pada hari yang sama sesuai tanggal pemberangkatan sepanjang tiket masih tersedia.

“Sebelum keberangkatan, pengguna juga harus melakukan boarding di stasiun keberangkatan, siapkan kartu identitas diri untuk mempercepat proses saat boarding berlangsung,” imbuhnya.

Baca Juga  Semester I/2023, KAI Daop 2 Bandung Berangkatkan 1,7 Juta Pelanggan KA Jarak Jauh

KAI Commuter menghimbau kepada masyarakat yang hendak bepergian menggunakan Commuter Line Lokal, utamakan keselamatan dan selalu ikuti arahan petugas. Pengguna yang membawa anak-anak, pastikan selalu dalam pengawasan dan penjagaan orang tua atau pendamping selama dalam perjalanan.

“Kami juga menghimbau para pengguna yang sedang dalam kondisi tidak sehat seperti sedang batuk, flu atau kondisi lainnya, agar menggunakan masker selama berpergian, mencuci tangan atau membawa hand sanitizer,” ucapnya.

Untuk bantuan informasi dan up date perjalanan dapat menghubungi layanan 24 jam Contact Center 021-121 atau mengakses akun media sosial resmi @commuterline.

(Ida)