banner 970x250

487 Mahasiswa se-Indonesia Kuliah di UPI melalui Program PMM 3/ 2023

Kota Bandung, BriliaNews.com – Jumlah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melalui program pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) 3 tahun 2023 skema inbound, naik drastis bila dibandingkan dengan PMM 2.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Didi Sukyadi, M.A., mengungkapkan, PMM 3/ 2023 diikuti 487 mahasiswa, lima kali lipat lebih banyak dari PMM 2/ 2022 yang hanya berjumlah 92 mahasiswa.

“Tercatat sebanyak 487 mahasiswa yang aktif dan telah menyelesaikan perkuliahan dan mengikuti kegiatan modul nusantara di Universitas Pendidikan Indonesia selama 1 semester, yang tersebar di 8 Fakultas dan 56 Program Studi berbeda,” kata Didi Sukyadi dalam keterangan tertulisnya,
Kamis (11/1/2024).

Prof. Didi Sukyadi menjelaskan, PMM merupakan salah satu kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek, yang diikuti perguruan tinggi se-Indonesia.

Program ini dilakukan dalam bentuk mobilitas mahasiswa selama satu semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi lain di Indonesia, sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman melalui kegiatan modul nusantara.

Ia menuturkan jumlah pendaftar PMM 3 di UPI sebanyak 2.213 peserta yang berasal dari 176 perguruan tinggi, namun yang lolos seleksi sebanyak 500 peserta dari 77 Perguruan Tinggi. Dari jumlah tersebut, peserta yang melakukan konfirmasi sebanyak 493 dari 76 perguruan tinggi.

Baca Juga  Ridwan Kamil Minta Akademisi Ciptakan Prodi Sesuai Kebutuhan Zaman

Mata perkuliahan yang paling banyak diikuti peserta PMM 3 di UPI, adalah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

“Para mahasiswa peserta PMM 3 di UPI, paling banyak mengikuti perkuliahan di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), sebanyak 80 mahasiswa dari 169 mahasiswa yang mengikuti perkuliahan di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP),” tuturnya.

Selain itu, tambah Didi Sukyadi tercatat 103 mahasiswa mengikuti perkuliahan di Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS), 88 mahasiswa mengikuti perkuliahan di Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA), 41 mahasiswa di Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), 36 mahasiswa di Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB), 21 mahasiswa di Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK), 15 mahasiswa di Fakultas Pendidikan Seni dan Desain (FPSD), dan 14 mahasiswa di Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK).

Rektor beserta para pimpinan UPI secara resmi menyambut mahasiswa PMM Gelombang 3 ini, pada 8 September 2023 lalu di Gedung Achmad Sanusi UPI.

Baca Juga  Mahasiswa Upi Berhasil Siapkan Prosedur Penyimpanan Vaksin Bagi Industri Pergudangan di Jawa Barat

Selanjutnya para mahasiswa mengikuti perkuliahan dan menyelesaikan rangkaian kegiatan modul nusantara, dimulai September 2023 dan berakhir pada Januari 2024.

Rektor UPI, Prof. Dr. H. M. Solehuddin, MA mengatakan dengan adanya program ini, mahasiswa tidak hanya terbatas kuliah dikampus asal saja, akan tetapi bisa mengakses untuk mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi lain.

Rektor berharap setelah menyelesaikan PMM ini, para mahasiswa mendapatkan banyak pengalaman belajar yang nantinya berdampak pada peningkatan kompetensi lulusan.

“Kami berharap setelah mengikuti PMM, para mahasiswa memiliki kesiapan dalam memasuki dunia kerja dan kehidupan di masyarakat,” pungkas Solehuddin.

Pewarta : Adi
Editor       : Afrida