banner 970x250

Ritual Sederhana Untuk Hidup SehatIni Kata Menkes Budi Gunadi Sadikin

Jakarta, BriliaNews.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H/2024 M, dengan tema “Melalui Hikmah Isra Mi’raj dan Datangnya Bulan Suci Ramadhan Kita Wujudkan Jiwa yang Kuat dalam Mencapai Transformasi Kesehatan Menuju Pembangunan Kesehatan yang Berkeadilan.”

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin,
dalam sambutannya mengatakan, untuk menyehatkan masyarakat Kemenkes telah melakukan transformasi kesehatan sebagai budaya baru.

“Kita harus ingat, amanah kita adalah menyehatkan masyarakat Indonesia dengan sebaik-baiknya,” katanya, Kamis (7/3/2024).

Seperti halnya shalat lima waktu, Menkes menjelaskan, Kemenkes harus memastikan masyarakat menjalankan ritual untuk menjaga kesehatan.

Baca Juga  Pelaku Usaha Pariwisata Dukung Bandara Husein Sastranegara Kembali Beroperasi

“Ritualnya sederhana, makan harus diatur seperti yang disampaikan oleh Nabi, berhentilah sebelum kenyang,” kata Menkes Budi.

Ritual sederhana yang kedua adalah berolahraga minimal 30 menit sehari dan lima kali dalam seminggu. Ritual yang ketiga, menjaga kebersihan baik kebersihan diri sendiri maupun lingkungan agar terhindar dari infeksi atau penyakit menular.

“Nah, itu hidup sehat. Kalau udah bisa makannya diatur, kemudian olahraga yang diatur, jangan lupa kebersihannya juga diatur. Ada banyak penyakit itu masuknya menular, ya, kebersihan tuh mulai cuci tangan yang rajin, kalau buang air besar jangan sembarangan, jalan-jalan pakai sandal supaya cacing-cacing nggak masuk segala macam penyakit,” kata Menkes Budi.

Baca Juga  Pemda Provinsi Jabar Selesaikan Masalah Al-Zaytun Sesuai Kewenangan

Selain itu, skrining kesehatan sangat penting dilakukan demi menjaga kesehatan. Apabila ritual sederhana ini dapat dijalankan oleh masyarakat, insan Kemenkes telah mewujudkan amanah untuk menyehatkan masyarakat.