banner 970x250

Pipa PDAM Kota Bandung Meledak, Dua Rumah di Jalan Maleer dan Cibangkong Rusak Berat

Kota Bandung, BriliaNews.com – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, berhasil menutup sementara pipa PDAM yang meledak di Jalan Maleer Utara RT 01 Kelurahan Maleer dan RT 02 RW 05 Kelurahan Cibangkong Kecamatan Batununggal.

Penutupan dilakukan untuk menghentikan air dari pipa PDAM tersebut.

Begitupun dengan aliran listrik di lokasi kejadian, telah diputus sementara untuk menghindari arus pendek listrik.

Berdasarkan laporan tertulis dari Diskar PB Kota Bandung, ledakan pipa PDAM terjadi pada Rabu (5/6) sekitar pukul 15.30 WIB. Suara ledakan terdengar di kediaman seorang warga bernama Bambang. Saat dicek terlihat air keluar dengan deras dari bawah tanah.

Baca Juga  Presidensi G20, Ridwan Kamil: Jabar Harus Jadi Tuan Rumah yang Baik

Pemilik rumah dibantu warga mengevakuasi keluarga dan beberapa barang berharga. Setelah itu, tiba-tiba rumah Bambang dan tetangganya roboh.

“Warga yang melihat kejadian, langsung menghubungi Emergency Call 113 Diskar PB Kota Bandung, untuk meminta bantuan,” tulis laporan tersebut.

Satu jam kemudian, petugas Diskar PB Kota Bandung tiba di lokasi. Tim langsung melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan Ketua RW dan RT setempat.

Saat tiba di lokasi, air masih meluap ± 50 cm, petugas langsung berkoordinasi dengan pihak kewilayahan, PDAM Tirta Wening, PLN, DSDABM dan BBWS Citarum dan melakukan penutupan sementara pipa PDAM yang meledak di lokasi.

Baca Juga  Flyover Kopo Bandung Diujicoba Seminggu

Terdapat 2 rumah yang terdampak rusak berat (roboh) di RT 01 RW 05 kelurahan maleer dengan 2 Kepala Keluarga sebanyak 10 Jiwa.

Selain itu terdapat pula 77 KK di RT 02 RW 05 Kelurahan Cibangkong yang terdampak banjir serta terdapat kirmir yang ambruk.

Editor  : Adi