banner 970x250

Anwar Yasin Sebut Kabupaten Cirebon Telah Luncurkan CoE Kepariwisataan 2024

Kab. Cirebon, BriliaNews.com – Komisi II DPRD provinsi Jawa Barat mengapresiasi rangkaian penyelenggaraan kegiatan, yang berkaitan dengan upaya peningkatan wisatawan yang diagendakan Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dalam setahun pemerintah daerah Provinsi DIY menyelenggarakan banyak kegiatan (event), untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan baik dari nusantara maupun mancanegara.

Event-event tersebut tidak hanya dilaksanakan oleh pemerintah tapi juga oleh pihak swasta. Calendar of event ini, ditampilkan dalam bentuk digital dan cetak.

Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Drs.H. Anwar Yasin mengatakan, hal serupa juga sebenarnya telah dilakukan oleh Pemda Kabupaten Cirebon, dengan meluncurkan Calendar of Event (CoE) tahun 2024.

Baca Juga  Vaksinasi Massal Insan Perbank-an Jawa Barat Untuk Percepatan Valsinasi Nasional

Namun demikian, Komisi II DPRD Jabar perlu mendapatkan inovasi-inovasi dari daerah lain dalam pengembangan kepariwisataan, dengan melakukan Kunjungan kerja Studi Komparasi ke Pemda DIY pada Kamis (20/6/2024).

Menurutnya, kunjungan tersebut bukan mau meniru kegiatan pariwisata di daerah tujuan, tetapi untuk mendapat masukan tema besar apa yang bisa dipelajari dari Yogyakarta untuk diangkat menjadi kegiatan khas pariwisata Jawa Barat termasuk di Daerah Pemilihan (Dapil) nya Kabupaten/ kota Cirebon dan Kabupaten Indramayu.

“Di Yogyakarta kan temanya Journey To Wonderful Jogja, di Kabupaten Cirebon tema apa yang bisa diangkat. Misalnya kearifan budaya lokal, yang dapat mengangkat kepariwisataan di daerah ini,” ujar politisi senior PKS tersebut.

Baca Juga  Siti Muntamah : Pemilih Perempuan Sangat Menentukan Pemilu 2024

Untuk diketahui, Pemda Kabupaten Cirebon telah menyusun sejumlah Event Pariwisata dan Budaya yang telah dan akan digelar sepanjang tahun 2024.

Diantaranya, yang akan digelar pada bulan Juli adalah
Sedekah Laut, Festival Talun Ngangeni,
Festival Budaya Islam dan Pentas Seni Tradisional Angklung Bungko.

(Ida/ Adikarya Parlemen)