banner 970x250

Bey Machmudin Resmikan PLTS – Biogas Hasil Karya ITB

Kab. Kuningan, BriliaNews.com – Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) – Biogas di Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Kamis (18/7/2024).

PLTS – Biogas merupakan hasil karya dari Institut Teknologi Bandung, yang diserahkan kepada Koperasi Serba Usaha Nugraha Jaya.

Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin memgatakan, kehadiran PLTS – Biogas bermanfaat untuk mengolah kotoran hewan menjadi biogas dengan mengedepankan prinsip zero waste.

“Pemdaprov Jabar sangat mendukung upaya seperti ini, dan bisa dicontoh di daerah lain,” ujar Bey Machmudin.

Baca Juga  Tim Satgas PMK akan Beri Pendampingan Peternak dalam Proses Pengajuan Kompensasi Ternak Mati Akibat PMK

Setelah di Kuningan, Pemdaprov Jabar melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jabar akan menyiapkan PLTS – Biogas serupa di Kabupaten Bandung.

“Di Kabupaten Bandung juga akan dibangun ya, tidak hanya kotoran sapi saja tapi kotoran kambing diriset terlebih dahulu, nanti bisa dikembangkan,” kata Bey.

Manfaat PLTS – Biogas ini di antaranya dapat menghitung kotoran sapi yang terkelola, dan mengurangi pencemaran sungai akibat kotoran sapi hingga 657 ton per tahun.

Baca Juga  Hadirkan Rumah Sehat Anugerah Langit bagi Kaum Dhuafa, Abulyatama Mengukuhkan pada Kebermanfaatan

Selain itu dapat mengestimasi penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 848,65 CO2eq (carbon dioxide equivalent) per tahun.

(Ida)