banner 970x250

KAI Daop 2 Bandung Siapkan 226 Kereta dan 34 Gerbong Handal untuk Layani Pelanggan

Kota Bandung, BriliaNews.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung menyiapkan 226 Kereta dan 34 Gerbong handal, yang siap mendukung seluruh perjalanan kereta api baik angkutan penumpang maupun angkutan barang.

Manager Humasda KAI Daop 2 Bandung, Ayep Hanapi, menjelaskan 226 kereta disiapkan untuk melayani angkutan penumpang dan 34 gerbong untuk angkutan barang.

“PT KAI Daop 2 Bandung menyiapkan armada yang handal dan siap operasi baik kereta maupun gerbong, yakni 180 Kereta Penumpang terdiri KA Priority, K1 SS, K3 SS, K3 Split, 12 Kereta Makan, 26 Kereta Pembangkit dan 8 Kereta Bagasi. Sedangkan Gerbong untuk angkutan barang sebanyak 34 unit, dengan jenis GD PPCW 40T, GD PPCW 42T GD PKPKW 45T, KKBW 30 T dan GB ZZOW 30T,” jelas Ayep, Kamis (17/10/2024).

Menurut Ayep Hanapi, untuk menjamin kemanan, kelancaran, dan ketepatan waktu perjalanan kereta api, sebelum kereta dan gerbong digunakan terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan dan perawatan.

Perawatan dilakukan secara perodik meliputi Perawatan Harian (Daily Check), Perawatan 1 Bulan (P1), Perawatan 3 Bulan (P3), Perawatan 6 Bulan (P6), Perawatan 12 Bulan (P12) yang dilakukan di Depo Kereta Bandung.

Baca Juga  Daop 2 Bandung Ingatkan Larangan Masyarakat Lakukan Aktivitas di Sekitar Jalur KA

Sementara untuk P24 Bulan dan P48 Bulan, dilakukan di Balai Yasa Manggarai.

Sedangkan untuk Gerbong dilakukan perawatan di Depo Gerbong Gedebage sedangkan untuk perawatan 24 Bulan dilakukan di Balai Yasa Manggarai dan balai Yasa Tegal.

“Perawatan ini mencakup berbagai aspek teknis, mulai dari mekanik, elektrik, interior, exterior dan kereta pembangkit,” ujarnya.

Sementara perawatan bidang mekanik meliputi perawatan rangka dasar, bogie, sistem alat perangkai, sistem pengereman dan roda menggunakan alat crack detector. Sedangkan Elektrik meliputi perawatan AC dan penerangan.

Sedangkan perawatan interior dan exterior, meliputi kursi penumpang, toilet, kaca dan pintu.

“Untuk Kereta Pembangkit meliputi sistem bahan bakar, pelumasan, pendinginan, udara dan kelistrikan. Semua dilakukan dengan sangat teliti untuk memastikan performa kereta dan gerbong tetap prima dan dapat memberikan pelayanan yang nyaman, aman, dan tepat waktu bagi penumpang,” paparnya.

Selain itu, kata Ayep Hanapi, tim sarana Daop 2 Bandung juga terus memantau performa setiap kereta dan gerbong dengan melakukan evaluasi secara berkala, sehingga apabila ada komponen yang perlu diganti atau diperbaiki, tindakan dapat segera diambil untuk menghindari gangguan operasional.

Baca Juga  Lintas K.A Cimekar - Rancaekek Kembali Normal, Setelah Terputus Akibat Banjir

Dengan ketersediaan 226 Kereta dan 34 Gerbong yang terus dirawat secara optimal, Daop 2 Bandung berharap dapat mendukung kebutuhan perjalanan masyarakat, terutama pada saat-saat puncak seperti libur nasional atau musim mudik.

Selain itu, perawatan berkala ini juga dapat memperpanjang usia pakai kereta dan gerbong, sehingga lebih efisien dan ekonomis dalam jangka panjang.

Ayep menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan bagi penumpang dengan memastikan lokomotif yang dioperasikan selalu dalam kondisi prima.

“Kepercayaan penumpang adalah prioritas utama kami. Kami juga mengajak seluruh pelanggan untuk tetap disiplin dalam mematuhi aturan dan prosedur keselamatan saat menggunakan jasa kereta api, demi kenyamanan dan keamanan Bersama,” tutup Ayep.

Pewarta : Adi
Editor : Afrida