banner 970x250

Varian Delta Virus Corona Asal India Sudah Masuk Jabar

Varian Delta Virus Corona Asal India Sudah Masuk Jabar
Varian Delta Virus Corona Asal India Sudah Masuk Jabar

Bandung, Brilianews.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan, ditemukannya Covid-19 varian Delta di Jawa Barat yakni di Kabupaten Karawang dan Kota Depok.

“Varian baru Delta virus Corona sudah hadir di Jabar. Ini menandakan kita harus tetap waspada, hadir di Karawang dan Kota Depok. Hal itu berdasarkan kajian Whole Genome Sequencing (WGS) dari Lembaga Bio Molekuler (LBM) Eijkman dan LIPI,” katanya usai Rapat Komite Percepatan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah secara virtual dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (21/6/2020).

Ridwan Kamil pun meminta masyarakat untuk patuh dan disiplin terhadap penerapan protokol kesehatan 5M, secara masif. Hal itu guna meminimalisasi penularan varian baru.

Baca Juga  Forum Setda Jabar Momentum Samakan Visi Membangun Jawa Barat

“Dengan berita ini, mari kita tingkatkan kewaspadaan kita, mohon sampaikan juga kepada masyarakat, dengan hadirnya varian delta di Jabar maka prokes 5M itu harus lebih ditingkatkan lagi. Kalau bisa prokes 5M tersebut bisa diakselerasi lagi,” harapnya.

Menurut Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Zubairi Djoerban, varian virus corona Delta asal India, lebih cepat menular dibanding varian dari Inggris.

“Jadi memang benar bahwa varian Delta lebih cepat menyebar, lebih bikin sakit dibandingkan dengan varian Inggris,” kata Zubairi.

Baca Juga  Jabar Dapat Bantuan Lima X - Ray Portabel dari Kementerian Kesehatan

Zubairi mengingatkan, apapun jenis vaksin Covid-19, tidak dapat memproteksi individu sepenuhnya dari penularan virus Corona. (Afr)