banner 970x250

Kampung Adat di Jabar Dapat Jadi Inspirasi Generasi Muda

Kota, Bandung, Brilianews.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menuturkan, tatanan kehidupan masyarakat kampung adat yang tersebar di Jabar, dapat menjadi inspirasi generasi muda sebagai penerus bangsa.

Menurut Ridwan Kamil, ada banyak nilai di kampung yang dapat dipetik dan dijadikan pelajaran. Salah satunya adalah kehidupan yang harmonis.

Hal itu dikatakan Gubernur saat meluncurkan Film Pendek, Buku, dan Video Profil Masyarakat Adat sekaligus Memberikan Penghargaan kepada Pemenang Lomba Festival Desa dan Cerita Desa secara virtual, dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (16/12/2021).

Baca Juga  Aparat Wilayah di Kota Bandung Akan Jemput Lansia Untuk Vaksinasi Covid-19

“Jumlah kampung masuk kategori kampung adat ada 50. Ini harus kita lestarikan kepada anak cucu kita sebagai generasi penerus bangsa
karena kehidupannya selalu harmonis,” ucapnya.

“Saya juga mengapresiasi Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) yang terus mengawal pembangunan secara kolaboratif. Kita juga terus memperjuangkan perlindungan terhadap masyarakat hukum adat, untuk ditindaklanjuti Pemkab sehingga memiliki legalitas,” imbuhnya.

Melalui kegiatan tersebut, Gubernur berharap generasi muda, khususnya pelajar, dapat mengenal kampung adat yang berada di Jabar. Meski pembelajaran tatap muka masih berlangsung terbatas, tetapi edukasi mengenalkan kebudayaan harus terus diberikan.

Baca Juga  Warga Kiaracondong Terdampak Jalur Double Track KAI, Temui Fraksi PKS DPRD Jabar

“Ini membuktikan setiap waktu kita terus mendorong potensi dan prestasi. Kita terus mengenalkan upaya ini agar budaya ini tetap lestari,” katanya. (Afr)