banner 970x250

Kota Bandung Kini Miliki Enam Rumah Sakit Kelas A

Kota Bandung, Brilianews.com – Kota Bandung kini memiliki enam rumah sakit tipe A. Dengan bertambahnya akses pelayanan itu, semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Keenam rumah sakit tersebut yakni RS Cicendo, RS Dr Hasan Sadikin, RS dr M. Salamun, RS Santosa Bandung Central, RS Unpad Bandung dan RS Santosa Hospital Bandung Kopo yang baru naik status menjadi rumah sakit tipe A.

“Semoga dengan bertambahnya rumah sakit tipe A ini semakin memudahkan warga Kota Bandung untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan dengan fasilitas serta pelayanan terbaik,” kata Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana, di RS Santosa Kopo, Rabu (16/3/2022).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara menerangkan, pelayanan kesehatan menjadi pelayanan terpenting saat ini. Sistem pelayanan kesehatan dapat berfungsi dengan baik jika memiliki mekanisme.

Baca Juga  Pemprov Jabar Awasi Pemberian THR, Tidak Mampu Bayar Perusahaan harus Serahkan Bukti

“Mudah-mudahan kenaikan status (rumah sakit) ini menjadi pelayanan rumah sakit lebih profesional baik bagi warga kota Bandung maupun warga daerah lain yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” ujar Ahyani.

Ia mengatakan, kesehatan hak warga negara. Sehingga pemulihan harus dilakukan secara adil, merata dan terstandar.

“Pembangunan sektor kesehatan menjadi salah satu prioritas pembangunan Kota Bandung yang esensinya adalah untuk menjamin masyarakat merasa nyaman tetap produktif dan berkontribusi terhadap proses perubahan sosial,” ujarnya.

Direktur Utama RS Santosa Kopo, Rachim Dinata Marsidi menerangkan, rumah sakitnya memiliki 8 lantai dan 1 basemen dan gedung pusat pelayanan kanker terpadu.

“Memiliki fasilitas pelayanan kesehatan umum dengan layanan unggulan onkologi atau kanker dan trauma center. Dilengkapi dengan peralatan mutakhir dan didukung oleh tenaga medis profesional,” ujarnya.

Baca Juga  Yana Mulyana Hari ini Dilantik Jadi Wali Kota Bandung Definitif

Selain itu dilengkapi pula dengan berbagai poli hingga fasilitas pelayanan kesehatan lainya seperti IGD, kamar isolasi, kamar bayi, kamar perawatan intensif seperti ICU, HCU, NICU dan PICU. Ada juga poli anak, poli gigi, poli umum hingga poli bedah dan beberapa poli lainnya. (SRI/ Adi)