banner 970x250

Pengoperasian Bus TMP Trayek BEC Kota Bandung – Baleendah Kabupaten Bandung Dihentikan Sementara

Kota Bandung, Brilianews.com – Pengoperasian bus Trans Metro Pasundan (TMP) trayek Bandung Electronic Center (BEC) Kota Bandung – Baleendah Kabupaten Bandung dihentikan sementara mulai hari ini.

Penghentian sementara bus TMP yang baru sehari dioperasikan itu dilakukan, sehubungan dengan adanya penolakan dari pengemudi angkutan umum yang bersinggungan dengan rute TMP dikoridor 3 tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa, Barat Ir. A. Koswara menyatakan, untuk sementara bus TMP dikembalikan ke pool demi keselamatan penumpang dan awak bus sampai situasi kondusif.

“Hal ini sangat kami sayangkan karena belum sehari dioperasikan, namun harus di hentikan akibat adanya aksi penolakan atas beroperasinya TMP dikoridor 3 ini,” ucap Koswara, Jumat (8/4/2022).

Koswara menyayangkan kejadian ini. Pasalnya TMP dgn skema BTS (Buy The Service), merupakan pilihan layanan transportasi baru bagi masyarakat.

Baca Juga  Minimalisir Begal, Pemkot Bandung akan Perbanyak PJU, PJL, dan CCTV

Untuk meminimalisir konflik yang terjadi, kata, Koswara perlu dibuatkan strategi penanganan yang lebih spesifik. “Diantaranya meliputi strategi pemberdayaaan dengan pelibatan usaha eksisting, strategi komunikasi dan sosialisasi yang lebih efektif,” tuturnya.

Dengan melihat kondisi pandemi saat ini, Koswara menjelaskan bahwa pendapatan dari penyelenggara angkutan saat ini sedang menurun. Sehingga, skema BRT ini sebenarnya bisa menjadi momentum untuk angkutan umum memberikan pelayanan yang jadi lebih baik lagi.

“Kalau mereka bisa dilibatkan secara baik di program ini, mereka pasti akan bisa menerima dan mendukung,” ucap Koswara.

Untuk itu, tambah Koswara, Dinas perhubungan Provinsi Jawa Barat akan segera menggelar rapat koordinasi teknis dengan kementrian perhubungan, dinas perhubungan kabupaten kota, dan berbagai pihak terkait, untuk segera menyusun dan menerapkan strategi penanganan dari permasalahan ini.

“Semoga upaya meningkatkan layanan transportasi bagi masyarakat ini dapat diterima dan didukung dengan baik oleh seluruh pihak, demi mewujudkan transportasi juara bagi masyarakat jawa barat,” tutupnya.

Baca Juga  Ridwan Kamil Resmikan Penataan Jalan Penghubung Jabar-Jateng

Seperti diketahui, pada Desember 2021 TMP dengan sistem Buy The Service
dioperasikan pada 5 koridor, yakni
1. Leuwipanjang – Soreang
2. Kota Baru Parahyangan – Alun2 Bandung
3. Baleendah – BEC
4. Leuwipanjang – Dago
5. Dipatiukur- Jatinangor via tol (Adi/ Afr)