banner 970x250

Atasi PMK, Komisi II DPRD Karawang Minta Pemkab Bantu Vitamin Untuk Hewan Ternak

Kab. Karawang, Brilianews.com – Guna mengantisipasi semakin merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Komisi II DPRD Kabupaten Karawang meminta Dinas Pertanian setempat untuk menganggarkan bantuan vitamin hewan bagi peternak lokal.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Karawang, Asep Dasuki menyatakan, PMK yang saat ini mewabah di Indonesia membuat peternak harus ekstra dalam memastikan kesehatan hewan peliharaannya.

Bukan hanya kebersihan kandang dan pakan yang baik, hewan ternak juga harus diberi sejumlah vitamin.

“Kebutuhan vitamin hewan pada kondisi saat ini cukup tinggi. Maka saya minta Pemerintah Daerah untuk turut serta membantu masyarakat (peternak), untuk memenuhi kebutuhan ini dengan memberikan vitamin gratis,” ujarnya.

Baca Juga  Pemkot Bandung Usulkan Kenaikan Insentif RT dan RW

Asep menegaskan, Distan Kabupaten Karawang juga harus memiliki data jumlah peternak yang ada di Karawang dan jenis-jenis hewan yang dipelihara.

“Data tersebut menjadi acuan dalam menentukan jumlah vitamin yang harus diberikan secara gratis oleh Pemerintah Daerah dan jenis vitamin apa saja yang harus disediakan. Sehingga bantuan yang diberikan ini tepat sasaran,” tegasnya.

Selain vitamin, peternak di Bumi Singaperbangsa ini juga membutuhkan dokter hewan untuk membantu para peternak dalam merawat kesehatan hewan mereka.

“Kita juga masih kekurangan dokter hewan. Yang saat ini ada hanya dari Pemerintah Provinsi dan Pusat. Saya kira Pemerintah Daerah juga harus memiliki dokter hewan untuk membantu peternak,” pungkasnya.

Baca Juga  Diskar PB: Masyarakat Harus Paham Mitigasi Bencana

Pada kesempatan lain, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membagikan obat dan vitamin untuk ternak, dalam upaya menanggulangi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di Jawa Barat.

“Pemberian obat-obatan dan vitamin, mengingat hewan ternak tertular PMK memiliki nafsu makan yang rendah,” ujarnya. (Afr)