banner 970x250

Jelang Pemili 2024, Pemkot Bandung Masifkan Perekaman KTP-el Bagi 14 Ribu Pemilih Pemula

Kota Bandung, BriliaNews.com – Jelang pesta akbar demokrasi pada 14 Februari 2024 mendatang, Pemkot Bandung memasifkan perekaman massal KTP elektronik (KTP-el) bagi 14.846 pemilih pemula untuk mengoptimalkan partisipasi pemilih.

Plt Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengatakan, berdasarkan data KPU jumlah pemilih di kota Bandung 1,87 juta pemilih namun akan bertambah dengan pemilih pemula.

“Ada potensi peningkatannya, terutama bagi mereka yang baru menjadi pemilih. Potensinya ada pada pelajar SMA, SMK, dan pelajar setingkat,” kata Bambang, Rabu (17/1/2024).

Tak terasa, 29 hari lagi pesta akbar demokrasi akan digelar pada 14 Februari 2024. Untuk mengoptimalkan partisipasi pemilih, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung masifkan perekaman KTP elektronik (KTP-el) kepada 14.846 jiwa pemilih pemula.

Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono menyampaikan, berdasarkan data dari KPU, terdapat 1,87 juta pemilih yang ada di Kota Bandung.

Baca Juga  Wagub Jabar Apresiasi Petugas Penjaga Pintu Air Pertahankan Ketersediaan Air untuk Masyarakat

“Maka, kita harus merekonsiliasi dan menyusun strategi agar para pemilih pemula punya hak politik untuk memberikan aspirasinya dan betul-betul bisa tersalurkan,” ujar Bambang, Rabu (17/1/2024).

Menurut Bambang, pada Pemilu 2019 lalu partisipasi pemilih di Kota Bandung mencapai 86 persen. Diharapkan angka tersebut bisa kembali diraih, bahkan lebih baik lagi.

“Tahun 2024 ini paling tidak ya minimal sama dengan 2019 lalu. Kita harus melakukan upaya dan strategi signifikan, terobosan untuk jemput bola, jemput warga Kota Bandung yang berhak mendapatkan rekaman KTP-el,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Disdukcapil Kota Bandung, Tatang Muchtar mengaku telah melakukan rapat tindak lanjut bersama seluruh kepala sekolah SMA sederajat dan stakeholder lainnya, untuk mengakselerasi perekaman KTP-el bagi pemilih pemula.

“Sehingga para pemilih pemula yang sudah direkam dan mendapatkan administrasi kependudukan, bisa menyuarakan aspirasinya dalam Pemilu. Harapannya, angka partisipasi pemilih pada Pemilu tahun ini lebih meningkat dari pemilu tahun sebelumnya,” kata Tatang.

Baca Juga  Libur Tahun Baru 2024, Ini Pesan Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin

Sementara itu, Sekretaris Disdukcapil Kota Bandung, Zamzam Nurzaman Hanafi memaparkan, perekaman KTP-el bagi pemilih pemula, telah dilakukan sejak Oktober 2023 di 33 sekolah.

“Kita mencapai perekaman 1.799 orang. Sampai 17 Januari 2024, ada 2.718 pemilih pemula yang sudah dilakukan perekaman KTP-el. Targetnya bisa mencapai 17.564 jiwa, berarti sisanya masih ada 14.846 jiwa sampai 14 Februari 2024,” beber Zamzam.

Editor  : Sri