banner 970x250

Ridwan Kamil Resmikan Pasar Tradisional Lembursitu Sukabumi

Kota Sukabumi, Brilianews.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, meresmikan pasar tradisional Lembursitu kota Sukabumi yang telah direvitalisasi, Sabtu (8/1/2022).

Pasar yang sebelumnya kumuh direvitalisasi menjadi lebih bbersih dan nyaman, dengan anggaran Rp10 milyar, dari APBD provinsi Jawa Barat melalui Program Pasar Juara.

Ciri khas pasar Lembursitu, diatasnya ada arsitektur sunda yaitu julang ngapak dan tusuk sate, dengan 52 kios dan 26 los.

“Designnya sederhana tapi rapih, mudah-mudahan menaikkan kelas peradaban pasar tradisional jadi lebih nyaman, ” kata Gubernur yang kerap disapa kang Emil.

Ridwan Kamil mengaku dirinya lebih suka belanja ke pasar tradisional, asal tidak kumuh dan becek.

Baca Juga  Pemkot Bandung Akan Perpanjang Masa Darurat Sampah

Ia pun mengajak masyarakat Sukabumi, untuk semakin rajin belanja ke pasar tradisional karena sudah bersih dan tertata sehingga ekonomi rakyat meningkat.

“Jangan belanja ke mall saja, karena pasar tradisional kini sudah bersih tidak lagi kumuh, ” imbuhnya.

Ia juga meminta pengelola pasar, agar setiap hari pasar selalu bersih. “Coba diinivasikan cara pembersihannya, sehingga ketika setelah sekian tahun saya mengunjungi pasar ini lagi, pasar tetap bersih seperti sekarang, ” ujarnya.

Ia menargetkan 300 pasar tradisional yang ada di Jawa Barat, dapat direvitalisasi menjadi pasar yang bersih dan nyaman.

“Mimpi kita 300 ratusan pasar akan alami transformasi, dicicil setiap tahun, ” ucap Emil.

Baca Juga  Bey Machmudin Bayar Zakat Fitrah dan Maal Melalui Baznas Jabar

Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat Moh Arifin Soedjayana melaporkan, hingga saat ini sudah 18 pasar rakyat yang sudah direvitalisasi.

“Dari target revitalisasi 25 pasar rakyat se Jabar hingga tahun 2023, sampai tahun 2021 sudah terealisasi 18 pasar, ” ujarnya. (Ida)