banner 970x250

Pastikan Kesiapan Personel, KAI Daop 2 Bandung Apel Gelar Pasukan Pengamanan Lebaran 2024

Kota Bandung, BriliaNews.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung menetapkan masa angkutan Lebaran 2024 selama 22 Hari, mulai 31 Maret sampai 21 April 2024.

Posko pemantauan sudah dioperasikan sejak 31 Maret lalu, namun untuk posko yang sifatnya fisik dioperasikan selama 12 hari mulai hari ini, 5 April hingga 16 April 2024.

Guna memastikan kesiapan personel, sekaligus dimulainya
Posko angkutan Lebaran 2024, Daop 2 Bandung melaksanakan apel Gelar Pasukan Pengamanan Angkutan Lebaran 2024 di halaman kantor PT KAI Daop 2 Bandung, Jumat (5/4/2024).

Gelar pasukan diikuti seluruh pekerja Kantor Daop 2, perwakilan dari posko-posko di stasiun, petugas pengamanan dari unsur internal KAI yakni Polsuska dan security, serta bantuan eksternal yaitu TNI, Polri serta relawan dari masyarakat Customer Service Mobile, Komunitas Pencinta Kereta Api (RF) Edan Sepur Bandung dan Sahabat KAI.

Direktur Pengelolaan Prasarana KAI Heru Kuswanto selaku pemimpin apel dalam sambutannya mengatakan, KAI siap melayani masyarakat yang akan mudik lebaran dengan moda angkutan kereta api.

“KAI juga telah melakukan ram check sarana dan prasarana di semua daerah dan layanan dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di stasiun-stasiun kereta.
Sehingga, insyaallah lebaran tahun ini seluruhnya sudah siap dan mantap,” tandasnya.

Sementara itu, Executive Vice President Daerah Operasi 2 Bandung, Takdir Santoso mengatakan, selama masa angkutan lebaran 2024 KAI Daop 2 Bandung menerjunkan 749 petugas keamanan yang terdiri dari Polsuska dan personel security 640, Pengamanan Kewilayahan (Bhabinkamtibmas dan Babinsa) 40, dan bantuan eksternal dari TNI-Polri 69.

Baca Juga  Program Wali Hutan Masigit Kareumbi Bio Farma Raih Penghargaan pada Ajang Indonesia Social Responsibility Award 2024

“Personel keamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, maupun secara mobile melakukan patroli di jalur KA dan obyek-obyek penting lainnya, seperti dipo lokomotif dan kereta, dengan total petugas 749 orang,” tuturnya.

Disamping itu, menambah 12 petugas “Customer Service Mobile” (CSM) , untuk melayani para pengguna jasa di stasiun Bandung, Stasiun Kiaracondong dan Cimahi.

Di sejumlah stasiun besar, seperti Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar, Rancaekek, Padalarang, Cianjur dan Purwakarta, juga tersedia posko kesehatan dan ambulans.

“Kami juga berkoordinasi dengan pelayanan kesehatan setempat yakni rumah sakit dan puskesmas sepanjang jalur KA, untuk antisipasi apabila ada penumpang yang mengalami kondisi darurat,” ujarnya.

Ia menuturkan, 128 petugas penilik jalan (PPJ) ekstra, penjaga jalan lintas (PJL) ekstra dan petugas posko daerah khusus ekstra, siaga 24 jam secara bergiliran untuk mengamankan perjalanan KA di sepanjang lintas KA, guna memantau apabila terjadi kondisi yang dapat menghambat perjalanan KA.

Pada masa Angkutan Lebaran Tahun 2024, Daop 2 Bandung menyiapkan 224 Kereta dan 5 Trainset KRDE. Total tempat duduk kereta jarak jauh yang tersedia untuk keberangkatan dari Stasiun wilayah Daop 2 Bandung, sebanyak 365.692 dengan tujuan Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.

“Diperkirakan 6 April 2024 merupakan puncak arus mudik dan 14 April 2024 akan menjadi puncak arus balik pengguna jasa kereta api,” pungkasnya.

Baca Juga  Tingkat Kehadiran Peserta Tes UTBK SBMPTN UPI 2021 Meningkat Signifikan

Manager Humas Daop 2 Bandung
Ayep Hanapi menambahkan, Daop 2 mendapat bantuan dari Satpol PP untuk bertugas di pintu perlintasan bersama dengan petugas KAI.

“Jadi pada masa angkutan lebaran tahun ini, kita juga ada bantuan dari satpol pp untuk pengamanan di pintu perlintasan, dimana ada 400an perlintasan sebidang baik yang dijaga maupun tidak dijaga di area Daop 2 Bandung,” ungkapnya.

“Tambahan petugas penjagaan di pintu perlintasan ini penting, mengingat banyaknya perjalanan kereta, yaitu ada 168 perjalanan per hari selama masa angkutan lebaran ini,” ujar Ayep.

Ia juga kembali menghimbau calon pengguna kereta api agar memesan tiket dari jauh-jauh hari, karena tiket KA Angkutan Lebaran Tahun 2024 masih cukup banyak tersedia. Pada masa Lebaran ini, KAI menjual tiket mulai H-45 Keberangkatan.

“KAI berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan khususnya pada periode angkutan Lebaran, melalui keamanan dan kenyamanan perjalanan yang mengesankan. Sehingga menjadikan kereta api sebagai pilihan utama untuk perjalanan Mudik yang Ceria dan Penuh Makna,” ucapnya.

Pewarta : Adi
Editor : Afrida