banner 970x250

Sekda Kabupaten Bogor : Membangun Kesadaran Hukum Harus Dimulai Sejak Dini

Sekda Kabupaten Bogor Membangun Kesadaran Hukum Harus Dimulai Sejak Dini2

Bogor, Brilianews.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin, mengukuhkan Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Kabupaten Bogor, secara virtual dari Gedung Serbaguna Kabupaten Bogor Kamis (4/3/2021).

Pada saat bersamaan Sekda juga menobatkan Duta Hukum dan HAM tingkat Kabupaten Bogor.

Pengukuhan sekaligus penobatan dilakukan untuk meningkatkan budaya sadar hukum dan hak asasi manusia di kalangan masyarakat dan pekajar.

Sekda Burhanudin mengatakan, pengembangan budaya sadar hukum merupakan salah satu prioritas pembangunan nasional, yang diarahkan untuk membentuk sikap dan perilaku masyarakat yang memahami hak dan kewajibannya agar tercipta kesadaran dan kepatuhan hukum dan peraturan perundang-undangan.

Menurut Burhanudin, membangun kesadaran hukum harus dimulai sejak dini agar bisa tertanam dan jadi kebiasaan sehari-hari, sehingga kaum muda berkembang menjadi pribadi yang disiplin, bertanggung jawab, taat, dan patuh pada aturan dengan kesadaran penuh tanpa harus diawasi.

Baca Juga  Antisipasi Meluasnya Penyebaran PMK, DPRD Jabar Dorong Percepatan Distribusi Vaksin

“Ketaataan mereka terhadap aturan pun tidak harus dipaksakan,” kata Burhanudin.

Lebih lanjut Sekda menuturkan, pelajar sebagai generasi penerus bangsa memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak, juga berkewajiban untuk mentaati peraturan.

Sekda Kabupaten Bogor Membangun Kesadaran Hukum Harus Dimulai Sejak Dini2
Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin, mengukuhkan FPSH HAM Kabupaten Bogor, secara virtual dari Gedung Serbaguna Kabupaten Bogor

Kesadaran hukum di kalangan pelajar sangat penting untuk meningkatkan prestasi, menciptakan kenyamanan dan kedisiplinan, baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Sekda mengapresiasi kehadiran FPSH HAM dan Duta Hukum HAM Kabupaten Bogor.

Menurutnya, forum ini sebagai ruang strategis bagi para pelajar untuk membangun kesadaran hukum.

“Agar (FPSH HAM) kemudian dapat menginspirasi dan mengajak kepada keluarga, teman, dan masyarakat lingkungannya, untuk sadar hukum dan hak asasi manusia,” tambahnya.

Baca Juga  Sentra Vaksin Silih Tulungan, Lindungi Masyarakat di Kawasan Ekonomi

Sementara itu, Ketua FPSH HAM Jawa Barat Nandi mengharapkan pengurus FPSH HAM Kabupaten Bogor, terus memberikan konsep terbaik dan terus bersinergi.

Menurutnya membangun kesadaran Hukum dan HAM sangat berat, jika tidak diterapkan kerja sama dengan semua pihak.

“Beban tanggung jawab sebagai pengurus FPSH HAM sudah berikrar di hadapan pak Sekda Kabupaten Bogor yang ingin menjadikan Kabupaten Bogor sadar hukum dan HAM,” kata Nandi di Cibinong. (Afria)