banner 970x250

Tim Satgas PMK akan Beri Pendampingan Peternak dalam Proses Pengajuan Kompensasi Ternak Mati Akibat PMK

Kab. Garut, Brilianews com – Tim Satgas Penanganan Penyakit Mukut dan Kuku (PMK) Nasional, akan memberikan pendampingan kepada para peternak sapi di Desa Cikandang kecamatan Cikajang Garut, dalam proses pengajuan kompensasi ternak yang mati dan dipotong bersyarat akibat terpapar PMK.

Pendampingan dibetikan mulai dari peng-inputan data ke iSIKHNAS yakni sistem informasi kesehatan hewan Indonesia yang mutakhir, penyusunan berkas pengajuan pemotongan bersyarat serta membantu menyelesaikan kendala yang dihadapi di lapangan.

“Satgas PMK Nasional akan melakukan pelatihan dan pendampingan bagi para peternak di Jawa Barat, termasuk Desa Cikandang terkait pelaporan yang selama ini masih minim diketahui oleh peternak, ” kata Tenaga Ahli Satgas PMK Nasional Kolonel Inf. Firdaus di Garut belum lama ini.

Baca Juga  Alat Berat di TPA Sarimukti Rusak, Pengangkutan Sampah dari kota Bandung Terganggu

Firdaus menyatakan para peternak akan mendapat pelatihan agar bisa berinteraksi langsung untuk mengetahui cara yang tepat dan sistematis, sehingga pelaporan dan pencairan bantuan bagi peternak yang telah melakukan pemotongan bersyarat dapat dilakukan secara efektif.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Pemerintah Desa Cikandang per tanggal 22 Juni 2022, dari total 305 ekor sapi perah yang dimiliki peternak terdapat 172 ekor yang terjangkit wabah PMK dan 19 ekor diantaranya mati dan dipotong bersyarat.

Pemerintah telah menyiapkan bantuan untuk hewan ternak yang mati dan dipotong bersyarat, masing-masing untuk sapi dan kerbau Rp10 juta, kambing dan domba Rp1,5 juta serta babi Rp2 juta per ekor.

Baca Juga  Saung Tenaga Surya, Paduan Budaya Tradisional dan Teknologi Modern

Adapun berkas pelaporan dan pengajuan yang harus disiapkan meliputi photocopy KTP peternak, bukti lapor kasus ternak di website iSIKHNAS, surat keterangan memiliki ternak dari Kepala Desa serta surat keterangan dari dokter hewan berwenang. (Afr)