banner 970x250

Hari Pariwisata Dunia,Unpad Tourism Fest 2024 Fokus pada Sustainability

Kota Bandung, BriliaNews.com – Universitas Padjadjaran kembali menghadirkan event Unpad Tourism Fest 2024 (UTF 2024). Tahun ini UTF 2024 mengangkat tema Discover Tourism, Untuk Bumi, Kita dan Indonesia.

Ketua Program Studi Magister Pariwisata Berkelanjutan Evi Novianti mengatakan,
UTF merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh prodi Magister Pariwisata Berkelanjutan.

“UTF 2024 sendiri merupakan festival ke 5,” kata Evi Novianti pada kegiatan pre-event UTF 2024, di
gedung Pascasarjana, Universitas Padjadjaran jalan Dipati Ukur kota Bandung, Jumat (7/6/2024).

Selain itu kata Evi, kegiatan ini juga merupakan bagian dari peringatan tahunan Hari Pariwisata Dunia dan Unpad Tourism Fest 2024, yang digelar dari Juni hingga Oktober 2024.

Salah satu event di dalamnya, ialah kegiatan pre-event, yang diberi nama “Road to Unpad Tourism Fest 2024.

“Pre-event ini menghadirkan Discover Tourism Talkshow, membahas dua topik penting, yaitu Sustainable Branding dan Sustainable Service and Hospitality,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana UTF 2024 Ghaziana zhafarini menjelaskan, UTF 2024 mengangkat tema Discover Tourism, yang berfokus untuk meningkatkan kesadaran bagaimana caranya agar destinasi wisata itu memiliki sustainability atau keberlanjutan.

Baca Juga  Guru Besar Unpar Prof. Asep Warlan Yusuf Wafat, Plt Walikota Bandung Yana Muyana Berduka

“Di tahun sebelumnya, kita juga mengadakan talk show, dan juga melibatkan UMKM. Ada juga kompetisi olah raga, sesuai dengan tema yang diangkat.Tahun ini kita benar-benar dedikasikan untuk bisa mengangkat sustainabilitynya,” tuturnya.

Ghaziana menjelaskan, ada banyak faktor yang mempengaruhi keberlanjutan dari suatu destinasi pariwisata.

Misalnya, bagaimana bentuk promosinya yang baik untuk destinasi wisata, lalu dari sektor privatenya, cara membuat reportnya seperti apa, apa yang dipromosikan, bagaimana caranya waste managementnya, dsb.

“Kalau ngomongin tentang pariwisata itu biasanya cuma mentok di tempat wisatanya mau yang kaya gimana sih, bagus atau enggak, indah atau enggak, estetik atau enggak, harga nya berapa, dll. Kita harus jauh dari itu,” tambah Ghaziana.

“Dan sesuai taglinenya yaitu untuk Kita, Bumi, dan Indonesia, maka kalau kita berbicara tentang sustainability, itu tidak jauh dari isu lingkungan,” ujarnya.

Ia menuturkan pada pre-event UTF 2024, diadakan diskusi tentang Sustainable Branding dan Sustainable Service and Hospitality,

Hal ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang praktik pariwisata berkelanjutan dan pentingnya branding untuk setiap destinasi wisata.

Selain itu, pre-event ini juga menjadi awal diselenggarakannya Kompetisi Videografi yang berfokus pada promosi desa wisata di Jawa Barat.

Baca Juga  Komisi V DPRD Jabar Siap Awasi Proses PPDB 2021

“Peserta diundang untuk membuat video promosi dengan tema ‘Adoring Local Sustainable Tourism’, yang akan berlangsung hingga acara utama pada bulan Oktober,” tuturnya.

Ghaziana menjelaskan, kompetisi ini bertujuan untuk menampilkan keunikan dari desa wisata di Jawa Barat, serta mendorong upaya kreatif dan kolaboratif dalam promosi pariwisata.

Sebagai bagian dari komitmen kegiatan ini terhadap keberlanjutan, akan diluncurkan UTF Sustainable Action Project.

“Bekerja sama dengan Lindungi Hutan, akan dilakukan penanaman pohon di Pantai Bahagia, Bekasi. Kami mengajak peserta dan simpatisan Unpad Tourism Fest, untuk berpartisipasi pada pelestarian lingkungan dan pariwisata berkelanjutan,” tuturnya.

Pewarta : Adi
Editor : Sri