banner 970x250

Peringati 100 Tahun PAF Bandung, 433 Fotografer Ikuti Pameran Salon Foto Indonesia (SFI) 2024

Kota Bandung, BriliaNews.com – Perhimpunan Amatir Foto (PAF) Bandung akan menggelar pameran foto pemenang Salon Foto Indonesia 2024. Pameran akan digelar dari tanggal 12 – 14 Juli 2024 di Union Square Cihampelas Walk, kota Bandung.

Foto-foto yang dipamerkan merupakan peraih medali (emas, perak, perungu, honorable mention), dan berbagai kategori penghargaan termasuk Piala Adam Malik dan Piala Gubernur Jawa Barat.

Lomba foto SFI 2024 diikuti 433 fotografer dengan jumlah foto 4.382 bingkai.

Ribuan foto ini terbagi ke dalam kategori lomba Cetak Warna, Cetak Monochrome, Softcopy Travel Photography, dan Softcopy People Photography. Empat kategori tersebut akan dinilai oleh 16 orang juri yang telah malang melintang di dunia salon foto dalam dan luar negeri.

Sementara 80 foto peraih medali dan penghargaan akan dipamerkan di ruang terbuka Union Square Cihampelas Walk Bandung.

Baca Juga  Tasikmalaya Kini Miliki Rumah Belajar Batik

“Pameran di ruang terbuka ini pun merupakan kali pertama dilakukan sepanjang sejarah penyelenggaraan pameran Salon Foto Indonesia,” kata Ketua PAF Soewignyo Koesnadi, Rabu (10/7/2024).

Selain pameran, akan diselenggarakan pula talkshow dan workshop terkait fotografi. Talkshow Seputar Lomba Foto dengan narasumber digital creator Dudi Sugandi dan Joni Manurung pada Jumat (12/7/2024).

Workshop bersama fotografer Jerry Aurum dengan tema Lighting, Better! pada Sabtu (13/7/2024). Workshop ketiga pada hari Minggu (14/7/2024) dengan narasumber fotojurnalis senior Arbain Rambey, dengan tema Artificial Inteligence (AI) yang Tidak Bisa Dihindari.

Selain workshop, PAF akan menggelar dua sesi hunting foto bareng. Hunting foto bareng dilakukan di Kawasan Wisata Kawah Putih, Rancabali, Kabupaten Bandung pada Minggu (14/7/2024) pagi. Hunting foto akan mengejar momen matahari terbit dari kawasan puncak Kawah Putih kemudian dilanjutkan dengan hunting photo concept dengan tema budaya dan memotret model di area wisata yang sama.

Baca Juga  Langgar Aturan Domisili, Disdik Jabar Batalkan Kelulusan 31 Calon Peserta Didik SMA di Kota Bandung

Lomba Salon Foto Indonesia ini merupakan ajang tahunan, seiring dengan pendirian Federasi Perkumpulan Seni Foto Indonesia (FPSI) sejak tahun 1973. Salon Foto Indonesia kali ini merupakan penyelenggaraan untuk kali ke-44. Para pemenang akan memperoleh medali, piala dan sejumlah hadiah termasuk kamera Nikon Z6 Mark III bagi peraih Adam Malik Award.

Panitia pun memberikan kesempatan bagi khalayak untuk memiliki foto yang dipamerkan pada ajang SFI 2024. Setiap foto yang dipamerkan bisa dimiliki dengan harga Rp 3 juta. 

(Ida)